Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ide Juga Harus Diperbaharui

10 Agustus 2021   15:50 Diperbarui: 10 Agustus 2021   16:13 102 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ide Juga Harus Diperbaharui
Dok.Digination.ID

Ide diumpakan seperti energi yang suatu saat akan habis ketika dieksplorasi , jadi perlu diperbaharui. Seperti halnya batubara, gas dan minyak bumi sewaktu cadangan melimpah dieksplorasi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun eksport sehingga mendatangkan devisa untuk negara kita. Begitu juga buat penulis / Kompasianer ketika banyak ide dikepala, maka karya meluncur setiap saat dan bisa memperoleh honor atau K-Reward. Tetapi ketika ide itu habis atau tidak muncul maka tidak akan menghasilkan karya atau tulisan. Maka sebelum ide itu habis harus kita perbaharui terus menerus agar tetap produktif dalam berkarya. Apa yang kita lakukan untuk  memperharui ide? 

Dok.Indoweb              
            googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});
Dok.Indoweb googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});

1. Membaca.

  • Sebagai seorang penulis sarat mutlak yang harus dimiliki adalah membaca, dengan membaca akan menambah wawasan , mempertajam isi tulisan serta memperbaiki cara penulisan artikel. Membaca bukan hanya buku bacaan, filsafat, agama, novel,politik, dan lainnya tetapi juga membaca artikel temannya untuk saling mensupport.

2. Berselancar di dunia maya,

  • Berselancar didunia maya bisa dijadikan referensi untuk bahan tulisan sekaligus memunculkan ide. Di zaman sekarang hampir semua penghuni di dunia ini aktif di media sosial seperti FB, IG, Twitter, You Tube dan akun media sosial lainnya. Didunia maya kita bisa mendapatkan dua keuntungan yang pertama ide tulisan dari postingan pengguna medsos dan yang kedua mempublikasikan karya kita.

3. Aktivitas

  • Dari aktivitas yang kita jalani bisa menjadi bahan artikel, entah itu aktivitas pekerjaan, organisasi, umkm, olahraga, kesenian sampai hobby. Dengan keterlibatan kita dalam berbagai kegiatan takkan kekurangan ide bahkan banyak ide-ide baru bermunculan. Disamping itu juga bisa menjadi rangkaian artikel seperti yang dibuat Kompasianer Roselina Tjiptadinata.

4. Melakukan perjalanan atau wisata,

  • Melakukan perjalanan diwaktu senggang entah pergi kesuatu tempat atau juga berwisata akan merefresh otak kita sehingga kembali menjadi cemerlang lagi. Kita bisa membuat artikel dari perjalanan, makanan yang dimakan, kawan perjalanan, DTW yang dikunjungi, seni yang kita tonton dan masih banyak lagi.

5. Bermusik,

  • Bermusik menjadi salah satu sarana relaksasi untuk menyegarkan otak dan badan. Dengan bermain musik atau mendengarkan musik perasaan menjadi tenang, mood kembali baik dan mempengaruhi daya pikir. Sehingga setelah mendengarkan musik akan muncul ide-ide baru membuat artikel entah profil artis, konser, prestasi atau yang berkaitan dengan ,musik.

6. Istirahat,

  • Jika merasa kehabisan ide jangan paksakan untuk menulis karena hasilnya tidak akan baik. Cara terbaik adalah dengan beristirahat entah rebahan atau tidur. Setelah istirahat badan terasa rileks dan membaik diharapkan muncul ide-ide baru untuk kembali menulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan