Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Teknik Membuat Presentasi Simple dan Menarik

26 Juli 2021   21:22 Diperbarui: 26 Juli 2021   21:38 116 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Teknik Membuat Presentasi Simple dan Menarik
Dok. Pribadi

Presentasi yang bagus mampu menarik atensi peserta dan mampu membuat peserta mampu bertahan sampai akhir. Dibutuhkan trik dan teknik dalam penyampaian materi serta sajian yang menarik. 

Ada korelasi antara materi dan penyampaian sehingga menjadi satu suguhan yang menarik. Bagaimana membuat presentasi yang simple, menarik dan berkesan. Tak perlu banyak-banyak membuat paparan, kemampuan dalam menyampaikan menjadi kunci sukses presentasi. 

Didalam menyampaikan presentasi kemampuan dan teknik berbicara harus kita kuasai. Public Speaking, percaya diri dan penampilan juga harus diperhatikan. Tetapi dari semua itu bisa kita persingkat sebagai berikut :

1. Penguasaan Materi,

Dok. Pixabay
Dok. Pixabay

Sebagai pemateri kita harus menguasai materi yang akan kita sampaikan. Dengan penguasaan materi maka kita tidak selalu fokus pada layar, lancar berbicara,  materi lebih berkembang , PowerPoint hanya dijadikan backdrop dan sebagai pengingat urutan bahasan berikutnya. Ketika kita tidak menguasai materi maka yang terjadi kita seperti membaca berita, kurang menarik,  grogi dan suara seperti tersekat. 

2. Membuat materi PowerPoint yang menarik, 

Dok. Pixabay
Dok. Pixabay

Didalam membuat bahan presentasi hendaknya yang menarik, bisa terdiri dari tulisan, foto, gambar dan video. Kemampuan kita dalam membuat paparan presentasi akan menambah kepercayaan diri yang kuat.

Semoga ini bisa menjadi bekal untuk teman-teman yang akan mempresentasikan program kepada klien ataupun kepada pihak lain. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan