Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Sumur Kondang Jaya Dipercaya Mampu Mengobati Berbagai Penyakit

2 Juni 2021   16:07 Diperbarui: 2 Juni 2021   16:13 234 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sumur Kondang Jaya Dipercaya Mampu Mengobati Berbagai Penyakit
Dok. Pribadi

Sebuah sumur tua yang berada dipinggir Desa Cibendung, Banjarharjo, Brebes dikenal bertuah dan berkaromah. Sumur yang sudah ada sejak zaman Sunan Gunung Jati yang dibawa oleh Eyang Sutajaya dari Kasepuhan, Cirebon. Beliau adalah penyebar agama Islam di wilayah Cibendung dan sekitarnya. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Kharismatik dan ketokohan dari Eyang Suta Jaya sampai kini diyakini mampu menjadikan sumur itu bertuah. Karomah sumur tersebut awalnya hanya diketahui masyarakat Cibendung saja. Namun berita dari mulut ke mulut menyebar ke pelosok sekitar Cibendung seperti Kuningan, Cirebon sampai Indramayu. 

Bagi masyarakat Cibendung keberadaan sumur Kondang Jaya seperti sumber kehidupan. Karena sumber air sumur itu tak pernah kering walau musim kemarau panjang. Sehingga sumur ini menjadi tumpuan masyarakat sekitar yang kekurangan air bersih. 

Selain sebagai sumber air bersih ternyata air sumur Kondang Jaya dipercaya mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal itu terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang meminta air untuk kesembuhan. Sumur kecil dengan air yang penuh sehingga tak perlu memakai timba tapi cukup dengan gayung. 

Masyarakat mengambil air untuk diminum, cuci muka atau mandi sambil membaca hajat yang diinginkan. Kepercayaan masyarakat juga bertambah ketika rombongan dari Keraton Kasepuhan Cirebon datang mengunjungi sumur tersebut. Sumur Kondang Jaya tak bisa dipisahkan dari penyebaran agama Islam dan Keraton Cirebon. Sumur yang sempat terbengkalai beberapa tahun yang lalu kini dikelola oleh masyarakat sebagai wisata religi yang akan memberikan manfaat untuk masyarakat Cibendung. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)

VIDEO PILIHAN