Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bansos dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat bagi Warga Penghayat

4 Maret 2021   22:14 Diperbarui: 4 Maret 2021   22:24 66 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bansos dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat bagi Warga Penghayat
Dok. Pribadi

Masalah akses penjaminan sosial dan bantuan sosial untuk warga penghayat terasa masih kurang. Sehingga banyak warga penghayat jarang yang mendapatkan bantuan sosial apalagi disaat pandemi. Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai wadah atau pusat data untuk berbagai pelayanan di Kemensos menjadi salah satu kendala. Bukan pada persoalan pelayanan administrasi kependudukan tetapi lebih pada ketakutan untuk merubah identitas sebagai warga penghayat. 

Dok Pribadi
Dok Pribadi
Begitu juga pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan, Umkm,  pembinaan maupun pelatihan untuk warga penghayat pun masih terasa kurang. Hal ini bisa dipahami,  ketika instansi terkait memberikan program pelatihan, pembinaan bukan diberikan kepada perorangan tetapi lebih kepada kelompok Umkm yang sudah terdaftar di Dinkopumdag. Inilah yang menjadi satu permasalahan untuk warga penghayat. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dua bidang permasalahan tersebut yang dihadirkan Dinbudpar Kabupaten Brebes pada pembinaan kepada masyarakat penganut kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga mengundang tiga narasumber yaitu Agus Supriyadi, SE dari Dinkopumdag, Warudin, A. KS, MM dan Hengky dari Dispermades. 

Ketiga narasumber tersebut memberikan peningkatan kapasitas kepada warga penghayat tentang pentingnya data kependudukan, DTKS, ketrampilan dan peranan mereka dalam kehidupan bermasyarakat. 

Dari hasil pembinaan tersebut terbentuk paguyuban atau kelompok. Umkm sebagai wadah untuk kegiatan ekonomi masyarakat Agar nanti kedepan mereka terlibat dalam kegiatan pembinaan,  pelatihan dan kegiatan lain yang bersifat untuk meningkatkan taraf kehidupan dan ekonomi masyarakat khususnya di warga penghayat. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)

VIDEO PILIHAN