Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Nasi Besek, Menikmati Nasi dengan Packing Tempo Doeloe

24 Oktober 2020   18:15 Diperbarui: 24 Oktober 2020   18:24 38 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nasi Besek, Menikmati Nasi dengan Packing Tempo Doeloe
Dok. Pribadi

Besek, tempat berbentuk kotak segi empat terbuat dari bambu. Di zaman dahulu besek digunakan untuk tempat berkat saat hajatan. Setelah marak era plastik perlahan namun pasti besek mulai ditinggalkan. Kini besek hanya dipergunakan untuk wadah telor asin,  tapai atau makanan tradisional lainnya. 

Di masa kini besek kembali trend lagi atau naik pamor. Besek digunakan kembali sebagai tempat nasi tetapi bukan nasi berkat. Berbagai bentuk dan jenis nasi bisa dibungkus pakai besek sebagai pengganti box nasi. Kemasan jadi lebih menarik dan artistik sehingga menambah selera makan. 

Dipakainya kembali besek menggairahkan pengrajin dibeberapa tempat seperti di Salem. Tentu menjadi pertanda baik untuk pengrajin besek, pesanan bertambah. Ekonomi pedesaan kembali bergairah,  kuliner juga bergairah dengan kemasan yang memikat. 

Packaging yang baik akan menarik minat pembeli. Konsumen juga lebih tertarik dengan kemasan besek untuk kegiatan meeting, seminar, sarasehan maupun kegiatan lainnya. Sehingga nilai-nilai tradisi tidak hilang begitu saja. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|)

VIDEO PILIHAN