Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Nikmatnya Sambel Bakar dan Nasi Liwet Khas Kampung Purba

25 Maret 2020   18:57 Diperbarui: 25 Maret 2020   19:07 72 13 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nikmatnya Sambel Bakar dan Nasi Liwet Khas Kampung Purba
Dok: Bayu Love Brebes

Siapa yang tidak suka sambel,  hampir semua orang pasti suka sambel.  Kebanyakan orang lebih suka sambel terasi, baik yang direbus atau digoreng bahan-bahannya. Sambel biasanya untuk teman makan nasi,  dicampur lalapan, ikan,  tempe atau ayam. Pernahkah kalian mendengar Sambel Bakar?  Kaya apa yah bentuknya, dan  rasanya bagaimana? 

Dok. Daroji
Dok. Daroji

Sambel bakar berasal dari Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong,  Kabupaten,  Brebes. Bahan-bahannya seperti sambel lainnya,  cabe, bawang merah,  tomat dan bahan lainnya. Prosesnya pun sama dengan sambel biasa, bahan sambel setelah dicuci bersih di ulegdiatas cobek tanah.  Setelah di uleg,  tapi jangan terlalu kasar,  bakar sambel tersebut diatas api dengan cobeknya.  Aduk merata biar nggak gosong,  tambah sedikit minyak sayur agar tidak menempel di cobek.  Mudahkan prosesnya,  sambel siap disantap dengan nasi liwet. 

Sambel bakar sangat cocok bila disandingkan dengan nasi liwet.  Tidak seperti kebanyakan nasi liwet yang ada,  nasi liwet Khas Kampung Purba tidak menggunakan santan.  Nasi liwet yang gurih,  dengan lauk urab,  oseng labu, oblok tembe dicocol sambel bakar dan petai, rasanya nendang banget.  Oh iya hampir lupa, ikan asinnya jangan sampai ketinggalan. 

Pokoknya saya saranin, belum pas rasanya kalau ke Kampung Purba,  Galuh Timur belum nyoba sambel bakar dan nasi liwet.  Dijamin ketagihan,  dan bakalan datang kesini lagi. (KBC-54 | Kompasianer Brebes Jateng) 

VIDEO PILIHAN