Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kampung Terbang Melesat hingga Eropa

21 Maret 2020   06:19 Diperbarui: 21 Maret 2020   06:24 28 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kampung Terbang Melesat hingga Eropa
Dok. Arfin

Apa yang anda pikirkan jika mendengar nama Kampung Terbang? Kawasan bandara, pesawat atau miniatur kapal terbang. Bukan itu, kampung terbang adalah sebuah desa di Bumiayu namanya Kaliwadas yang mayoritas masyarakatnya pengrajin terbang atau rebana. 

Ya,  Kaliwadas satu diantara beberapa desa di Bumiayu yang menghasilkan rebana. Bukan hanya rebana, ada juga bedug, drum, drumband dan marching band.  

Segala pernak-pernik kebutuhan penunjang tersedia disitu, bahkan sparepartnya juga. Rebana dengan berbagai ukuran dan keperluan pun tersedia lengkap. 

Dok. Arfin
Dok. Arfin
Deretan toko sepanjang jalur Bumiayu - Salem memajang hasil kreasinya. Produk-produknya sudah banyak yang berstandar SNI.  Selain memenuhi kebutuhan pasar lokal dan nasional, beberapa produk sudah di export ke beberapa negara Asia Tenggara,  Timur Tengah,  Afrika dan Eropa. Permintaan rebana berbagai type dan ukuran banyak datang dari Timur Tengah dan Afrika,  sedangkan Eropa kebanyakan drum dan marchingband. 

Dok. Arfin
Dok. Arfin
Wuih keren,  produk lokal kalau kualitasnya prima pasti bisa tembus pasaran mancanegara. Bahkan drummer ternama yang punya sekolah musik pesan drum disini.  Satu kebanggaan buat kita semua punya produk yang diterima dipasaran global. 

Ayo yang penasaran Kampung Terbang datang saja kesini,  biar kita bisa lihat proses pembuatannya dari awal sampai finishing sekaligus lihat workshop dan pemasarannya.(KBC-54|Kompasianer Brebes) 

VIDEO PILIHAN