Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Guru Muda, ASN, lulusan Universitas Mulawarman tahun 2020, Pendidikan, Biografi, sepakbola, E-sport, Teknologi, Politik, dan sejarah Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mendiang Ratu Elizabeth II dan Beberapa Pengalaman Membekas Bersama Indonesia

10 September 2022   19:45 Diperbarui: 10 September 2022   20:18 232 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(https://sports.okezone.com)

Seperti namannya, Negeri Ratu Elizabeth memang banyak menyimpan kenangan  bagi perkembangan tatanan kehidupan dunia termasuk beberapa peristiwa sejarah yang syarat akan nilai-nilai kehidupan yang layak dipelajari. 

Dua hari yang lalu tepatnya pada tanggal 8 September  Ratu Elizabeth II menghembuskan napas terakhirnya di usia 96 tahun. Seperti yang sudah kita ketahui bersama dari banyak literatur bahwasannya Ratu Elizabeth II dikenal sebagai Ratu Monarki Konstitusional yang memimpin 16 negara berdaulat dan dikenal dengan sebutan Alam Persemakmuran. 

Selain dikenal sebagai Ratu Monarki Konstitusional, Ia juga dikenal sebagai ketua dari 54 Negara-Negara persemakmuran. Ratu Elizabeth juga telah menjabat sebagai Gubernur Agung Gereja Inggris.

Ratu Elizabeth yang lahir 21 April 1926 merupakan putri dari pasangan keluarga yang juga berasal dari lingkungan kerajaan yakni sang ayah bernama Albert Frederick Arthur George yang akrab disapa Raja George VI dan Ibu yang bernama Elizabeth Browes-Lyon Sedari kecil Ratu Elizabeth digambarkan oleh saudaranya yakni Margaret Rodes sebagai sosok periang yang pada akhirnya pada saat dewasa dikenal dengan pribadi bijaksana dan memiliki perilaku baik. 

Hingga masa dewasa ia telah banyak menunjukkan rekam jejak kepemimpinannya dalam memimpin Inggris dalam beberapa dekade. Nama besarnya bahkan telah dikenal di banyak belahan negara di dunia dan tak terkecuali di Indonesia. Momen apa sajakah yang telah menjadi kenangan semasa hidup Ratu Elizabeth khususnya bagi Indonesia?

Momen Kedatangan Ratu Elizabeth II ke Indonesia pada tahun 1974

(https://twitter.com/ukinindonesia/status/641617077439037440)
(https://twitter.com/ukinindonesia/status/641617077439037440)

Melansir dari laman Detik.com, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip pernah mengunjungi Tanah Ibu Pertiwi pada tahun 1974, tepatnya kala Indonesia dipimpin oleh Presiden Soeharto. Pada saat itu, kedatangan pemimpin kerajaan Inggris tersebut disambut oleh Gubernur DKI Jakarta pada saat itu, yakni Ali Sadikin. 

Setelah itu, rombongan Ratu Elizabeth II disambut dengan jamuan spesial dari Presiden kedua Republik Indonesia pada saat itu, yakni Soeharto dan sang istri yaitu Siti Hartinah atau yang akrab disapa Ibu Tien Soeharto dalam acara kenegaraan yang dilaksanakan di Istana Merdeka.

Setelah menikmati jamuan kenegaraan bersama Presiden Soeharto dan sang istri. Rombongan Ratu Elizabeth beserta suami bertolak ke Jogjakarta guna menemui pemimpin Yogjakarta yakni Sultan Hamengku Buwono IX. Ratu Elizabeth pun tak ketinggalan sempat berkunjung ke tempat wisata Candi Borobudur di Yogyakarta. Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan ke Bali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan