Mohon tunggu...
Bang Ancis
Bang Ancis Mohon Tunggu... Editor - Hanya Orang Biasa

Bang Ancis hanyalah seorang blogger iseng. Kenapa? Karena keisenganlah maka saya menjadi seorang blogger. Visit my web : www.bangancis.web.id

Selanjutnya

Tutup

Gadget

6 Jenis Asisten Virtual yang Perlu Kita Tahu

11 Maret 2021   22:59 Diperbarui: 11 Maret 2021   23:31 294 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
6 Jenis Asisten Virtual Yang Perlu Kita Tahu (Sumber Gambar: storage.googleapis.com)

Beberapa tahun yang lalu film berjudul "Her" dirilis di bioskop-bioskop di dunia. Fim ini hadir di tengah-tengah film distopia dan komedi romantis. Film Her ini sendiri bercerita tentang hubungan antara seorang pria dan asisten virtualnya yang bernama Samantha.

Film ini dirilis pada tahun 2013 dan hari ini, hanya selang 6 tahun, realitas yang ditampilkan di dalam film ini menjadi kenyataan yakni terciptanya Asisten Virtual. Asisten virtual adalah sejenis perangkat layanan yang dapat "berbicara" dan berhubungan dengan kita melalui komputer atau ponsel cerdas. Mungkin berkat film ini, proefsi atau perangkat asisten virtual hadir lalu berkembang hingga saat ini.

Sebagai contoh, kita bisa melihat asisten virtual Apple bernama Siri, Google Now milik Google dan Asisten Virtual Alexa, Veronika Asisten Virtual dari telkomsel dan akhirnya chatbots juga masuk dalam kategori ini.

Jenis layanan ini mengubah cara kita berhubungan dengan teknologi dan membuka peluang baru bagi perusahaan di setiap sektor. Untuk memperdalam pembahasan, berikut ini saya sedikit berbagi beberapa Asisten Virtual yang barangkali banyak dari kita belum mengenalnya.

Beberapa Contoh Asisten Virtual Yang Harus Kita Ketahui

Asisten Virtual Super Izzy

Bisa dibilang Super Izzy adalah sahabat untuk kaum wanita. Asisten virtual ini memperkenalkan dirinya sebagai "sahabat terbaik dan ahli kesehatan reproduksi di Messenger". Super Izzy adalah chatbot yang tersedia di platform perpesanan Facebook Messenger.

Tugasnya adalah memberi pencerahan pada semua wanita berupa nasihat, pelatihan untuk mengelola kesuburan dan hal-hal kewanitaan lainnya. Faktanya, Super Izzy bisa melacak siklus menstruasi, dapat mengirim pengingat untuk pil dan juga memberikan banyak saran tentang kebersihan pribadi, kontrasepsi, dan patologi ginekologis.

Asisten Virtual Chat Yourself

Chat Yourself adalah chatbot pertama yang dioptimalkan untuk pasien Alzheimer pada tahap awal penyakit mereka. Pada tahap ini kita mulai mengalami kehilangan memori pertama yang juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bot yang tersedia di Messenger dan dirancang oleh Italia Longeva ini mampu menyimpan semua informasi yang berkaitan dengan kehidupan seseorang dan mengingatkan pengguna, yang juga dapat mengatur pemberitahuan pada pasien.

Asisten virtual Buoy Health

Ada juga asisten virtual yang dirancang guna membantu pengguna agar bisa mengenali malaise (perasaan lelah, tidak nyaman, dan kurang enak badan) dari pasien beserta gejalanya. Nama chatbot ini adalah Buoy Health, yang melalui obrolan menanyakan pertanyaan yang ditargetkan kepada pengguna untuk lebih memahami gejala yang menimpanya, membantu mereka memahami apa masalahnya dan akhirnya menawarkan saran tentang bagaimana berperilaku dan tindakan apa yang harus diambil untuk memperlakukan diri mereka sendiri dengan lebih baik.

Asisten Virtual Veronika

Dari namanya, semua kita tentu langsung tahu kalau Chatbot ini miliki Telkomsel, salah satu operator seluler terbesar di Indonesia. Dengan Tagline Tanya Veronika Asisten Virtual, Telkomsel berkomitmen segala jenis keluhan dan masalah yang dihadapi konsumennya bisa segera diatasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan