Mohon tunggu...
Rahmat Andriansyah
Rahmat Andriansyah Mohon Tunggu... Penikmat kopi, buku, dan rintik hujan dalam pelukan seseorang

Thinker

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

My New Healthy Lifestyle Memaksimalkan Ibadah Ramadhan

4 Mei 2021   23:07 Diperbarui: 4 Mei 2021   23:13 276 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
My New Healthy Lifestyle Memaksimalkan Ibadah Ramadhan
Kojima #MyNewHealtyLifestyle 

Ramadhan sudah memasuki hari ke-21. Tandanya, hanya tersisa kurang dari 10 hari pula kesempatan kita meraup pahala di bulan ini. Janji akan dijauhkan dari api neraka, menjadikan ibadah di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan ini semakin ditingkatkan. Berharap tubuh tetap sehat, sehingga tidak ada halangan untuk menuntaskan puasa dan setiap amalannya.

Dari Aisyah RA., "Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (Bulan Ramadhan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut." (HR. Muslim)

Di tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19, waktu seperti ini dimanfaatkan oleh sebagian umat Islam untuk beritikaf. Itikaf adalah kegiatan berdiam diri di masjid dalam rangka ibadah. Jamaah mengisi waktu dengan berbagai ritual ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan hanya keluar untuk memenuhi kewajibannya sebagai manusia.

Akan tetapi dengan pembatasan berkumpul untuk mencegah penyebaran virus, bukan berarti ibadah di sepuluh malam terakhir menjadi terbengkalai. Masih ada beberapa ritual lain yang diriwayatkan Nabi SAW yang tetap dapat dilakukan, diantaranya:

Memperpanjang ibadah malam

Pada sepuluh malam tersebut, Rasulullah SAW dikisahkan menjauhi tempat tidur. Beliau mengisi malamnya dengan ibadah sampai datang waktu fajar. Kebiasaan ibadah ini diajarkan kepada seluruh anggota keluarganya, sehingga mereka dapat bersama menikmati syahdunya ibadah malam.

"Rasulullah SAW biasa ketika memasuki sepuluh Ramadhan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan isterinya (keluarganya) untuk beribadah." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Membaca Al-Quran

Tidak sedikit umat Islam yang menjadikan target menamatkan membaca Al-Quran pada bulan Ramadhan. Khatam Al-Quran dalam satu bulan, menjadi target realistis bagi mereka yang masih tetap harus beraktivitas saat berpuasa. Biasanya di saat seperti ini, aktifitas membaca Al-Quran akan semakin sering frekuensinya, sehingga di akhir nanti, Al-Quran telah khatam dibaca.

Meningkatkan Sedekah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN