Mohon tunggu...
Debby Anggraini
Debby Anggraini Mohon Tunggu... Penulis

Berbagai berita baik lokal maupun internasional. Berita yang disajikan berfokus pada teknologi serta tren millennials saat ini.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Waktu Terus Berjalan, 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Bermigrasi ke Windows 10

13 Januari 2020   09:29 Diperbarui: 13 Januari 2020   09:45 166 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waktu Terus Berjalan, 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Bermigrasi ke Windows 10
foto: ilustrasi (pixabay)

Karena Windows 7 sudah mulai memudar, penting untuk beralih ke Windows 10 dengan mulus. Meskipun ada opsi untuk membayar dukungan Windows 7 dan pembaruan perangkat lunak melalui Pembaruan Keamanan Diperpanjang Microsoft (ESU), hal ini tentu bisa sangat mahal.

Pada 14 Januari 2020, dukungan untuk Windows 7, yang mencakup pembaruan peranti lunak dan keamanan, akan dikenakan biaya yang besar. Tanpa pembaruan ini, sistem akan rentan terhadap virus dan malware. Menurut Pavithra Sudhakar, product consultant di ManageEngine, hal ini menyoroti pentingnya migrasi ke Windows 10 atau Anda dapat memilih untuk mengeluarkan uang untuk dukungan Windows 7 yang berbiaya besar.

Kompatibilitas adalah kuncinya

Menurut laporan terbaru dari NetMarketShare, hampir dua pertiga bisnis masih berjalan di Windows 7 pada saat peluncuran Windows 10. Untuk alasan ini, Microsoft telah memastikan bahwa hampir 99 persen aplikasi Microsoft Store akan berfungsi di luar kotak setelah migrasi Windows 10. Sebelum bermigrasi, penting untuk memastikan ada solusi di tempat yang dapat menginstal ulang aplikasi pada perangkat yang telah dimigrasi ke Windows 10 secara mulus.

Organisasi yang mengandalkan aplikasi internal harus menghadapi tugas berat untuk memastikan bahwa aplikasi ini kompatibel dengan Windows 10. Selain itu, hampir setiap organisasi memiliki aplikasi web dan situs web yang menggunakan teknologi lawas. Agar sebagian besar dari mereka berfungsi, mereka sering memerlukan plug-in asli untuk browser lawas, seperti Internet Explorer. Namun, Microsoft Edge adalah browser default di Windows 10. Oleh karena itu, untuk me-render situs web lawas tanpa masalah, perusahaan-perusahaan memerlukan solusi yang dapat mengalihkan rute ke browser yang dapat mendukung situs web dan aplikasi ini.

Penilaian penting

Sebelum pindah ke Windows 10, penting untuk mengidentifikasi berapa banyak mesin yang masih menjalankan Windows 7. Selain itu, semua mesin target harus dinilai untuk memastikan mereka memenuhi persyaratan minimum untuk Windows 10; mesin target harus memiliki setidaknya 32GB ruang hard disk, 1GB RAM, dan prosesor 1GHz.

Data pengguna: Elemen make-or-break

Apa gunanya memutakhirkan jika harus meninggalkan banyak data pengguna? Detail akun pengguna termasuk data pengguna terkait dan file pengguna. Mempertahankan detail akun akan mengurangi waktu yang diperlukan untuk migrasi dengan menghilangkan kebutuhan untuk menyesuaikan ulang setiap mesin dan memasuki kembali konfigurasi khusus pengguna setelah migrasi.

Atasi segerombolan Operating System dan pembaruan aplikasi

Salah satu perubahan terbesar adalah OS berkelanjutan dan pembaruan aplikasi. Windows 10 memeriksa pembaruan sekali sehari. Bukan rahasia lagi bahwa menambal segala sesuatu adalah aspek penting dari keamanan siber; mempertimbangkan betapa pentingnya pembaruan OS dan melihat serangan sebelumnya, seperti worm Conficker, WannaCry, Petya, dan NotPetya, penting untuk memastikan semua tambalan dan pembaruan diimplementasikan saat mereka dirilis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x