Mohon tunggu...
Carla PrastikaBandhaso
Carla PrastikaBandhaso Mohon Tunggu... Hanya mahasiswa biasa

Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta jurusan Informatika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengaruh Teknologi Digital terhadap Budaya, Cara Pandang, dan Kehidupan Manusia

16 Januari 2021   20:32 Diperbarui: 16 Januari 2021   20:35 896 1 0 Mohon Tunggu...

Seiring berjalannya waktu, teknologi telah berkembang pesat dan telah membawa kita ke dalam sebuah era baru, yaitu teknologi digital, e-business serta e-commerce. Yang mana era ini dipandang sebagai sebuah era dimana, kita harus mengoptimalkan penggunaan alat-alat digital untuk kepentingan usaha atau bisnis. Saat ini, kita dipaksa untuk beralih dari cara manual menuju digital. Sebagai contoh, dari berjualan secara offline menjadi online di market place yang ada. Perkembangan teknologi ini juga turut mempengaruhi permintaan konsumen yang lebih variatif dan ini menimbulkan tantangan baru.

Perkembangan teknologi ini, membuat banyak orang juga turut mengalami perubahan kebiasaan hidup dan cara pandang. Seperti, bagaimana saat ini orang sangat menyukai berselancar di media sosial mereka, sekadar mencari berita, bertemu teman lama, bahkan sampai berbelanja online. Teknologi saat ini sangat memegang peranan penting dalam setiap unsur kehidupan bermasyarakat.  Disebabkan kemampuan teknolgi yang dapat memberikan banyak manfaat dalam membantu keseharian manusia. Cara pandang setiap orangpun mulai berubah, yang mana dulu dikarenakan sulitnya mengakses berita, sehingga membuat orang-orang kurang update atau bahkan ketinggalan yang menyebabkan manusia menjadi kurang open minded terhadap pemikiran orang lain. Kalau saat ini, orang-orang mulai berkenalan dengan orang lain yang asing di media sosial, membuat mereka lebih belajar banyak hal positif. Dan juga membuat manusia menjadi berubah pola fikir kearah yang lebih baik, dengan catatan mampu menggunakan teknologi dengan keperluan yang baik.

Seperti yang saya bahas diatas, saat ini teknologi menunjukkan taringnya dalam membantu manusia. Dimana sebagai contoh, sekarang sudah banyak orang -- orang yang tidak lagi berbelanja ke toko offline secara langsung melaikan berbelanja melalui market place yang ada. Karena dengan seperti itu menjadi sangat efisien dan menghemat waktu. Hadirnya teknologi digital sangat memanjakan manusia. Sama halnya dengan customer, sellerpun menjadi lebih mudah dalam bebisnis, tinggal foto produk dan upload sudah bisa berjualan. Menghemat waktu, biaya, dan proses yang cepat. Bisnispun sudah banyak yang melakukan perubahan dengan memiliki sebuah websitu maupun akun media social yang dengan mudah bisa diakses oleh pelanggan mereka.

Bermunculan banyak sekali start-up baru belakangan ini juga akibat dari perkembangan teknologi digital. Bisnis digital sangat banyak digemari, seperti contoh pendahulunya, traveloka, gojek, grab. Sekarang banyak bermunculan aplikasi-aplikasi maupun website yang dapat mempermudah kehidupan manusia.  Hal ini memacu para penggagas ide untuk membuat aplikasi-aplikasi yang bagus dan bermanfaat. Menciptakan lapangan kerja yang semakin variatif dan menggalang anak muda untuk melatih kemampuan mereka di bidang teknologi

Teknologi digital bahkan e-business mampu membawa perubahan yang cukup signifikan terhadap bagaimana budaya terutama yang ada di Indonesia. Budaya bukannya menjadi terlupakan, malah saat ini mulai banyak yang memanfaatkan platform digital untuk memperkenalkan budaya dari masing-masing daerah mereka. Yang membuat orang lain yang sudah melupakan bahkan tidak tau menjadi kembali teringat dan tau tentang kekayaan budaya yang kita miliki.  Perkembangan budaya juga mengalami sedikit pergeseran dengan adanya teknologi digital. Seperti, saat dimasukkannya unsur musik tradisional ke dalam musik EDM. Teknologi membawa angin segar terhadap dunia budaya Indonesia.

Sekarang tinggal pilihan kita, mau menggunakan perkembangan teknologi digital ke hal positif atau negatif. Manfaatkan sebaik mungkin teknologi yang ada saat ini dan terus ikuti perkembangannya, agar kita tidak menjadi ketinggalan.

VIDEO PILIHAN