Mohon tunggu...
Banafsaj ShafaSholihat
Banafsaj ShafaSholihat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Manusia yang sedang belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

KKN Tematik UPI 2022: Gerakan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah Produktif

4 Agustus 2022   17:20 Diperbarui: 5 Agustus 2022   13:45 346 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuningan (29 Juli 2022) - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik sebagai implementasi tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian. 

Pada tahun ini KKN-Tematik UPI mengusung Tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM". Terlaksanakanya perberdayaan  masyarakat menjadi tujuan dan target diadakannya kegiatan KKN-Tematik ini, yang diselenggarakan melalui berbagai program termasuk didalamnya Desa Sehat dan Sejahtera.

Lahan pekarangan rumah memiliki potensi yang cukup besar apabila dimanfaatan. Mendukung program pemerintahan desa yang sedang berupaya mewujudkan ketahanan pangan masyarakat. 

Mahasiswa KKN UPI di Desa Muncangela melakukan gerakan pemanfaatan pekarangan rumah produktif. Hal ini dilakukan untuk mencapai potensi pemanfaatan lahan yang pada kenyataanya masih belum dilakukan oleh masyarakat. 

Apabila dilakukan dengan optimal, lahan yang dimanfaatkan secara produktif ini dapat memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga ditengah naiknya harga bahan pangan dipasaran dan juga menunjang suksesnya pembangunan.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Kegiatan gerakan pemanfaatan lahan pekarangan rumah produktif ini dilaksanakan di depan Balai Desa Muncangela karena mempunyai lahan yang cukup luas untuk diadakannya kegiatan dan mudah untuk dijangkau oleh seluruh masyarakat Desa Muncangela. 

Kegiatan ini diikuti oleh Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan dibuka oleh Kepala Desa Muncangela yaitu Bapak Wawan Setiawan, Beliau berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk ke depannya.

Sebelum pada pembuatan media tanam, Kader PKK ini diberikan edukasi mengenai bagaimana membuat dan mengolah media tanam dengan baik dan tepat. 

Kegiatan edukasi ini diisi oleh Bapak Rosid selaku Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang didatangkan langsung dari UPTD Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kecamatan Cipicung. Beliau berpesan agar masyarakat yang berpartisipasi dapat menjaga tanaman dengan baik serta dipraktikan di rumah masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan