Mohon tunggu...
Alfa Bamsky
Alfa Bamsky Mohon Tunggu... Just human being yang hobi bikin artikel ringan, lucu dan renyah.

Better late than never...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kisah Nyata Mbak Rokha, Sang Pemandi Mayat

14 Januari 2021   14:53 Diperbarui: 14 Januari 2021   15:06 222 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Nyata Mbak Rokha, Sang Pemandi Mayat
Ilustration picture: mumbaimirror.indiatimes.com

Pertengahan tahun 2016, saat itu mati lampu dan waktu mendekati tengah malam. Tetiba rumah mbak Rokha diketuk tetangga. Astaga, ada jenazah nenek tua yang belum dimandikan. Tidak ada satupun warga yang berani. Apa boleh buat, mbak Rokha pun berangkat !

Mbak Rokha  is not an angel

Sepintas tidak ada yang aneh dengan mbak Rokha. Wanita bersahaja ini adalah ibu rumah tangga dengan sambilan dagang online. Adapun suaminya wiraswasta. Namun background pendidikan di pondok pesantren membuatnya paham ilmu agama termasuk tata cara penyelenggaraan jenazah.

Memandikan si nenek tua menjadi pengalaman perdana mbak Rokha. Ia takut bukan main, namun rasa iba mengalahkannya. Mbak Rokha paksakan diri untuk mengurus jenazah si nenek malang. Ia mengajak ibu ibu komplek untuk sekedar menemani, memegang lilin, memotong kain kafan, menumbuk kapur barus dan lain lain. Bisa ditebak, yang ikutan hanya satu, itupun bolak balik ngajak pulang ! 

Si nenek orang baru di komplek tersebut dan tinggal seorang diri. Menjelang subuh ia telah rapi dikafani, namun keluarganya baru datang setelah matahari terbit.

Benar benar pengalaman yang tak terlupakan bagi mbak Rokha.

Didaulat pengurus masjid menangani jenazah wanita

Sejak saat itu ibu 4 anak ini dikenal orang. Ia banyak diminta tolong warga dan pengurus masjid untuk menangani jenazah.

Sebab tiap ada wanita yang meninggal di komplek, pihak masjid kerepotan cari orang yang memandikan. Dulu yang mengurus mak Upi, namun mamak Legend ini pulang kampung kangen cucu dan tidak pulang pulang. Hadoooh...

Rukemta, grup emak emak gagah pemandi mayat

Kian hari kian banyak yang membutuhkan bantuan mbak Rokha hingga lintas kelurahan, ia pun keteteran. Muncul ide dibenak wanita gagah ini untuk praktek bersama cara mengurus jenazah dari memandikan hingga menyalatkannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x