Mohon tunggu...
Bambang Irwanto Soeripto
Bambang Irwanto Soeripto Mohon Tunggu... Penulis freelance - Penulis cerita anak, blogger, suka jalan-jalan, suka wisata kuliner, berbagi cerita dan ceria

Bercerita yang ringan-ringan saja, dan semoga membawa manfaat.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Lebih Baik Tidak Makan daripada Tidak Merokok

5 November 2022   20:37 Diperbarui: 5 November 2022   20:48 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Lebih baik tidak makan, daripada tidak merokok."

Eits, ucapan di atas bukan ucapan saya. Tapi ucapan bapak saya. Dan entah sudah berapa kali saya mendengar beliau ngomong begitu. Dan ini adalah ucapan andalan bapak saya, saat ada yang mengusik keasyikan merokoknya.

Cerita Bapak Saya
Bapak saya memang seorang perokok. Menurut ceritanya, beliau sudah jadi perokok aktif sejak sudah bekerja dan menghasilkan uang. Jadi dugaan saya, bapak saya belajar merokok jauh sebelum itu.

Makanya bapak saya sempat marah besar  saat ibu saya mengomel soal kebiasaan merokok bapak. Saya mendengar, bapak saya bilang, jangan larang saya merokok, karena sebelum menikah sana kamu, saya sudah merokok. Iih tatut hehehe.

Saya pun pernah kena marah. Bapak saya itu, habis salat magrib, biasanya duduk di teras sambil merokok sambil menunggu salat Isya. Nah waktu itu saya protes, karena sarung saya dipakai. Soalnya kan, bau rokok. Eh... Saya kena sumpah palapa jilid 10, yang sekarang masih saya ingat. Apakah isi sumpah itu? Rahasia... Biar saya saja yang tahu hahaha.

Perokok dan Cukai
Menurut saya, walau harga cukai dinaikkan, perokok seperti bapak saya tidak akan  berhenti merokok. Karena sudah candu. Walau teorinya lebih baik tidak makan, daripada tidak merokok. Tapi kenyataannya, bapak saya merokok juga, ya makan juga hahaha.

Kalau cukai rokok naik, pastinya bapak saya akan mengusahakan cara agar tetap bisa merokok. Memang sih, bapak saya itu giat bekerja. Ya, mungkin salah satunya agar kebutuhan merokok tetap terpenuhi hehehe.

Sedangkan untuk anak sekolah yang mulai merokok, saya amati mereka punya cara jitu. Bahkan baru seminggu lalu, saya mengalami sendiri.

Jadi saat saya sedang berada di sebuah taman di siang hari, Tiba-tiba ada beberapa remaja berpakaian sekolah naik motor. Setelah mereka parkir, lalu seorang pergi ke warung.

Tidak berapa lama, anak sekolah itu kembali menghampiri teman-temannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun