Mohon tunggu...
Bambang Irwanto Soeripto
Bambang Irwanto Soeripto Mohon Tunggu... Penulis freelance - Penulis cerita anak, blogger, suka jalan-jalan, suka wisata kuliner, berbagi cerita dan ceria

Bercerita yang ringan-ringan saja, dan semoga membawa manfaat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kenapa Ada Bangkai Tikus di Jalanan?

6 Oktober 2022   09:01 Diperbarui: 6 Oktober 2022   09:09 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto : Desain Canva

Pagi ini saat mengantar krucil ke sekolah, kembali saya melihat bangkai tikus tergeletak di jalan. Ukurannya besar, seperti anak kucing. Sudah terlihat darah di sekujur tubuh bangkai tikus itu. Pastinya sudah ada kendaraan yang menginjak bangkai tikus itu. Selain menimbulkan mau, kurang sedap dipandang mata.

Kenapa Ada Bangkai  Tikus di Jalanan?

Pertanyaan in selalu muncul di benak saya, setiap melihat bangkai tikus di jalanan. Apa iya,  tidak sengaja terlindas pengendara? Atau mungkin tidak sengaja tikus itu makan makanan yang sudah diberi racun tikus, lalu memilih tergeletak di jalananan? Atau mungkin ada orang yang sengaja membuangnya ke jalanan?

Nah, sampai saat ini, saya belum menemukan jawaban pasti.  Tapi yang pasti, saya selalu melihat saat pagi hari. Alih-alih mencari udara segar di pagi hari, malah mencium bau tak sedap hehehe.

Siapa yang akan Membuang Bangkai Tikus dari Jalanan?

Sekarang pertanyaan diubah. Kalau ada bangkai tikus di jalanan, siapa yang akan membuangnya? Soalnya saya beberapa kali menemukan, itu bangkai tikus di jalanan, dibiarkan sampai mengering, sampai akhirnya, hilang dari jalanan. Tapi ini jelas prosesnya lama. Bangkai tikus itu harus berhari-hari tergeletak di jalanan.

Dari pengamatan saya ini, artinya memang tidak ada yang mau membuang bangkai tikus itu dari jalanan, termasuk saya hahaha. Tapi seandainya ada di jalanan depan rumah, saya akan membuangnya.  Soalnya kalau dibiarkan, ya akan tergeletak terus di jalanan. Mungkin berbeda bila di alam bebas, bisa dimakan hewan lain.

Manfaat Bangkai Tikus

Dari sini, saya jadi penasaran, apa iya, bangkai tikus ada manfaatnya? Maka saya pun browsing. Karena saya yakin, segala sesuatu di dunia ini, pasti ada manfaatnya, atau bisa dimanfaatkan untuk kehidupan. Dan saya terkejut saat mendapatkan jawabannya. ternyata, bangkau tikus bisa dijadikan bio gas dan pupuk cair. 

Lalu, dikaitkan dengan bangkai tikus di jalanan, pastinya bisa dimanfaatkan juga. Misalnya, ada petugas kebersihan khusus membersihkan bangkai tikus di jalanan. Kemudian setelah selesai disetor ke pengelolah bio gas dan pupuk cair. Jalanan jadi bersih, tidka bau, dan sedap dipandang mata.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun