Mohon tunggu...
Balya Nur
Balya Nur Mohon Tunggu... Wiraswasta - Yang penting masih bisa nulis

yang penting menulis, menulis,menulis. balyanurmd.wordpress.com ceritamargadewa.wordpress.com bbetawi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Ganteng-Ganteng Hakim MK Reborn

17 Juni 2019   14:45 Diperbarui: 17 Juni 2019   15:09 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Screenshot WA | dokpri

Semalam dapat WA dari teman. Katanya dia nonton Reza Rahadian diwawancarai Metro TV, entah acara apa.Kata teman saya, Reza menyebut nama saya sebagai orang  yang berjasa dalam karirnya di bidang acting.

Ada dua hal yang mebuat saya teringat sesuatu. Pertama, tahun 2004 sewaktu saya menjadi co directornya Ismali Sofyan Sani, Produser pelaksana Rapi Film mengirim anak muda culun yang mengaku nggak pernah berakting untuk jadi peran pembantu sinetron Culunnya Pacarku. Anak muda itu bernama Reza.

Setelah sinteron itu tutup buku,  dua tahun kemduian saya cuma sekali bertemu Reza. Itu pun sambil lalu saja di depan sebuah PH. Setelah lima belas tahun, Reza yang sudah jadi aktor besar kok ya  masih ingat nama saya.

Kedua, pengalaman saya memoles akting Reza saya tuangkan sambil lalu dalam tulisan berjudul, " Ganteng-Ganteng Hakim MK" tahun 2014. Sebelum saya lanjutkan tulisan ini, sebaiknya saya copas saja tulisan itu.

Kita sudah terbiasa memilah-milah wajah dalam spesifikasi tertentu. Wajah cantik dan ganteng hanya di letakan dalam kelompok artis. Jika ada artis yang berwajah tidak cantik atau ganteng maka diragukan keartisannya. Padahal yang bukan artis banyak yang tidak kalah cantik dan gantengnya. Tengok saja tetangga kita, perhatikan wajahnya dengan seksama, bayangkan jika dia memakai gincu atau memakai pakaian tertentu yang biasa dipakai oleh artis. Pasti tidak kalah cantik atau gantengnya dengan artis. Bahkan bisa jadi lebih ganteng, sehingga tanpa sadar mulut kita bergumam, hmmm ganteng-ganteng tetangga gue. Bisa jadi pacar lima langkah nih...

Atau bayangkan begini. Ketika sang artis ganteng masih cengar cengir di ruang casting beserta puluhan pelamar lainnya, wajahnya biasa-biasa saja. Badannya selalu membungkuk kepada petugas casting atau seseorang yang berwajah sutradara. Seperti apa wajah sutradara? Yang pasti  kurang gantenglah. Karena sutradara digambarkan memakai topi ala Putu Wijaya, calon artis ini membungkuk lebih dalam ketika bertemu dengan seseorang berpenampilan seperti itu. Padahal dia pedagang bakmi di depan rumah produksi. Ketika petugas casting memperkenalkan, ini sutradaranya mau melihat akting kamu. Sang calon artis menatap seperti tidak percaya.

Ini pengalaman pribadi saya ketika dulu saya masih menjadi co director di sebuah sinetron seri. Sebut saja judulnya "Culunnya Pacarku." Seperti biasa ketika sebuah sinetron mulai turun ratingnya, dimunculkan tokoh baru. Celakanya tokoh baru itu akan ditayangkan dua hari lagi. Lebih celaka lagi, pemeran tokoh baru itu saat seluruh crew sudah siap di lokasi  belum ketahuan orangnya.

Unit produksi membisikan,pemeran tokoh baru sudah datang. Ternyata orang oyang ditunggu-tunggu adalah remaja kurus, tidak terlalu tinggi, wajahnya biasa-biasa saja.Namanya Reza Rahadian nama yang sekarang sangat populer. Pada waktu itu nama yang seumur-umujr baru dengar. Kecelakaan berikutnya dia mengaku belum pernah sekalipun  berkating di layar kaca. Dalam hati saya menyumpah pelaksana produksii yang nekad mengirim orang baru untuk peran yang lumayan berat ini. Untuk minta pengganti sudah tidak mungkin. Dua hari lagi mau tayang! Director Ismali Sofyan Sani berkali-kali menggeleng-elengkan sambil senyum kecut.

Karakternya  adalah pemuda yang buta, sejak kecil tidak pernah kena  sinar matahari di sekap di sebuah gudang, oleh kakaknya akan dibebaskan ke dunia luar.Terpaksa saya mengeluarkan semua kemampuan akting saya untuk memberi contoh,  walaupun dalam hati saya tidak yakin remaja yang kurang ganteng ini mampu melakukannya. Tapi setelah satu dua kali latihan,ternyata dia mampu berakting lebih bagus dari saya! Saya mulai curiga jangan-jangan di bohong kalau ini pertama kali aktingnya di layar kaca. Tapi memang begitulah kenyataannya. Sekarang Reza Rahadian sudah jadi aktor hebat. Karena dia berada di jajaran selebritis, secara alami persepsi kegantengannya menyertainya pula.

Selain artis, memiliki wajah ganteng bisa jadi berkah juga.  Dulu Jhony Indo dikenal sebagai perampok ganteng. Setelah keluar dari nusa kambangan dia jadi bintang film, sekarang jadi dai.  Di zaman sosmed ini mulai dikenal  ada pemulung ganteng, ada polisi ganteng, ada satpam ganteng, ada menteri ganteng.

Wajah ganteng SBY salah satu factor yang mengantarkannya menjadi presiden dua kali berturut-turut. Tapi Prabowo kurang beruntung. Wajah gantengnya yang disamakan dengan Al putra Ahmad Dani dikalahkan oleh wajah Jokowi yang disamakan dengan Dede OVJ. Karena sudah menjadi presiden terpilih, ya aura kegantengan Jokowi yang secara berseoloroh dia menyebutnya sama dengan Dude Herlino mulai nampak juga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun