Mohon tunggu...
Balqis Laillisa
Balqis Laillisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang

Hoby bernyanyi dan berenang, menyukai hal hal berbau dengan alam, memiliki warna kesukaan biru dan hijau muda.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Tematik UPI Kamda Serang Melaksanakan Program Bimbingan Belajar Gratis di Lingkungan Cimoyan

14 Agustus 2022   10:26 Diperbarui: 14 Agustus 2022   10:30 55 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia Kamda Serang (Kelompok 191) berlangsung sejak 10 Juli hingga 9 Agustus 2022 dengan Tema Desa tanpa kesejangan juga subtema kesetaraan perkembangan mandiri desa dengan tujuan upaya meminimalisir kesenjangan desa dengan peningkatan kesadaran diri pentingnya pendidikan melalui bimbingan belajar di Lingkungan Cimoyan.

Dokpri
Dokpri

Adanya kegiatan KKN Tematik Pemberdayaan masyarakat berbasis SDG'S Desa dan MBKM, mahasiswa KKN kelompok 191 menjalani salah satu program kerja dalam pendidikan yaitu program bimbingan belajar gratis di Lingkungan Cimoyan. 

Bimbingan belajar merupakan salah satu aktivitas tambahan yang dilaksanakan setelah pulang sekolah kepada siswa-siswi (peserta didik) guna untuk menambah ilmu pengetahuan  atau sebagai sarana pembelajaran tambahan peserta didik SDN Cimoyan untuk dapat membantu memahami materi yang diajarkan disekolah, anak-anak desa di Lingkungan Cimoyan atau peserta didik SDN Cimoyan sangat antusias mengikuti program bimbingan belajar yang diselenggarakan di Lingkungan Cimoyan lebih tepatnya di Paud Al Muawanah, pelaksanaan bimbingan belajar yaitu di hari senin dan kamis pada sore hari, mulai pukul 16.00 WIB sampai selesai. 

Semua mahasiswa dalam divisi pendidikan di kelompok 191 ikut membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan bimbingan belajar, tidak lupa juga dengan divisi sosial & ekonomi ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dokpri
Dokpri

Materi yang diajarkan dalam bimbingan belajar (bimbel) tentu disesuaikan dengan materi yang diberikan oleh guru di sekolah, seperti membaca & menulis, operasi campuran penjumlahan & pengurangan, perkalian, dan pembagian juga membantu mengerjakan PR. 

Dalam pertengahan atau di akhir dari bimbingan belajar (bimbel) diadakan kuis lewat tebak-tebakan secara lisan maupun tulisan di papan tulis dan jika peserta didik menjawab dengan benar akan mendapatkan hadiah. 

Program tersebut guna untuk meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan di sekolah juga dengan adanya bimbingan belajar siswa dan siswi dapat lebih optimal dalam mengembangkan kemampuan nya dan dapat menyelesaikan permasalahan kesulitan belajar atau pekerjaan sekolah lainnya.

Dokpri
Dokpri

Materi yang disampaikan pada awal pertemuan bimbingan belajar, hari senin tanggal 25 Juli 2022 tentang operasi campuran perkalian untuk kelas 4, membaca & menulis untuk Tk, kelas 1, kelas 2 dan mengerjakan PR untuk semua kelas. Dengan diselenggarakan nya program bimbingan belajar ini kiranya dapat membantu para siswa & siswi saat mengalami kesulitan dalam belajar. Selain itu dapat membantu meringankan tugas orang tua dirumah, siswa & siswi pun terbantu ketika ada tugas rumah yang belum dimengerti. Diharapkan dengan adanya program bimbingan belajar gratis yang dilakukan mahasiswa KKN ini membawa manfaat dan kemajuan desa di Lingkungan Cimoyan terutama di bidang pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan