Mohon tunggu...
Balc Rahma
Balc Rahma Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Rahma Balci-akun baru- Saya full time Blogger, menetap di Turki

Blogger: https://keluargapanda17.family.blog Turki-İndonesia Dunia mix marriage

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Gogceli cami: Masjid Turki yang Mirip Masjid di Pulau Jawa

4 September 2022   01:48 Diperbarui: 4 September 2022   01:57 238 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
lokasi provinsi samsun masuk area pesisir laut hitam-Turki

Bulan juli tahun 2020, Presiden Turkiye, Reccep tayip erdogan, mengubah kembali Ayya sofia menjadi masjid, setelah 85 tahun                      bangunan ini menjadi museum dan dialihkan kembali menjadi Masjid. Ada banyak bangunan masjid Turkiye yang terkenal indah dari sisi arsitektur selain Ayya sofia atau masjid biru yang terkenal dikalangan wisatawan yang berkunjung ke Turki.

Byzantium dan pengaruh  Budaya islam era abbasiyah banyak mempengaruhi arsitektur masjid khas Turki, tapi tahukan jika di daerah pesisir laut hitam atau karadeniz di Turki, ada bangunan masjid yang memiliki ciri khas arsitektur masjid tersendiri, berbeda sekali dengan banguan masjid khas Turki biasanya.  Masjid yang dibangun di era Selcuk.

Masjid kayu peninggalan era Selcuk

Di era Selcuk, bangunan ahsap cami atau masjid kayu cukup terkenal, masjid kayu terbesar di Turki terletak di distrik sivrihisar, Eskisehir, masjid berpilar kayu terbesar di Turki. Tapi ada satu masjid kayu yang menurut saya cukup unik berbeda dari ciri khas bangunan masjid Turki umumnya, yakni Gogceli cami.

Masjid kayu Gogceli

Masjid ini terletak di daerah arsamba, masuk wilayah provinsi Samsun di area laut hitam Turki, Jarak dari stanbul ke Samsun  731 km, jarak tempuh 8 jam lebih lewat   perjalanan darat, bisa juga lewat udara, penerbangan stanbul ke Bandara Samsun yang kebetulan berada di arsamba, 1 jam penerbangan.

Lokasinya ditengah pemakaman Gogceli,  Tidak sulit sebenarnya menemukan lokasi masjid ini, dari jalan provinsi yang menghubungkan samsun-ordu, tepat diseberang jalan lokasi rumah sakit umum kota arsamba dan di dekat lapas carsamba, komplek pemakaman dan lokasi masjid berada, ya area masjid dikelilingi pemakaman.

lokasi samsun di area laut hitam, Turki.
lokasi samsun di area laut hitam, Turki.

masjid kayu gogceli, tanpa menara khas masjid Turki umumnya
masjid kayu gogceli, tanpa menara khas masjid Turki umumnya

Masjid kayu ini menjadi salah satu contoh masjid kayu dengan arsitektur yang paling  indah, masjid ini dibangun tahun 1206 kemudian direnovasi  tahun 1335, dan TDAK diketahui oleh siapa masjid ini dibangun, siapa arsiteknya tidak pernah dicatat sejarah Turki.

Sampai saya beranggapan, apakah ada pengaruh  dari arsitektur masjid jawa kuno, meski tidak secara jelas, karena ciri khas masjid jawa kuno di ndonesia biasanya atap bangunan berbentuk tumpang dengan jumlah atap selalu ganjil.

Masjid jawa kuno umumnya tidak memiliki menara untuk mengumandangkan azan, dan masjid ini sama persis tanpa menara dengan atap genteng mirip bangunan masjid di pulau jawa, indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan