Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Kesadaran

3 September 2023   19:12 Diperbarui: 3 September 2023   19:25 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa Itu Kesadaran

Kesadaran merupakan salah satu unsur manusia yang memungkinkan pengaturan aspek kognitif, perilaku, dan emosional. Fungsinya untuk menyajikan informasi tentang apa yang terjadi di dalam dan di luar organisme sedemikian rupa sehingga tubuh dapat mengevaluasinya dan bertindak sesuai dengan pengetahuan dan nilai-nilai moralnya. Ini juga merupakan kemampuan diri sendiri untuk mengenali diri sendiri, menguasai indra, dan mempunyai persepsi terhadap keberadaan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Seseorang yang tidak sadar diri kemungkinan besar memiliki kelainan mental karena tidak dapat mengontrol tindakan, emosi, atau menganalisis situasi berdasarkan apa yang secara sadar diperbolehkan dan apa yang tidak. Dengan kata lain, kesadaranlah yang membuat kita tetap membumi, menghindari hidup di dunia fantasi.

Tindakan dan sikap kita terhadap kehidupan memainkan peran mendasar. Menyadari hal ini dapat membantu kita menjadi lebih sehat dan merasa lebih baik terhadap orang lain dan diri kita sendiri. Sebagai manusia, kita mempunyai tanggung jawab untuk menjaga keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental, karena keduanya penting dan esensial untuk memiliki kualitas hidup .

Jenis kesadaran

  • Hati nurani individu : melalui ini, seseorang menentukan apa yang baik dan buruk bagi dirinya sendiri; membuat dan mengarahkan rencana hidup Anda sendiri, menerapkan naluri bertahan hidup.
  • Kesadaran sosial : melalui ini, masyarakat menentukan apa yang baik atau buruk bagi masyarakat secara keseluruhan dan naluri perlindungan diluncurkan. Dari analisis ini kita dapat mengembangkan hubungan empati dengan orang lain.
  • Kesadaran emosional : itulah yang berhubungan dengan keadaan emosi individu. Ini ada hubungannya dengan keadaan pikiran Anda, perasaan dan reaksi Anda terhadap apa yang terjadi pada Anda. Realisasi "sehat" dari kesadaran ini disebut "kecerdasan emosional".
  • Kesadaran temporal: kesadaran yang dimiliki individu tentang berlalunya waktu di dalam dirinya dan di lingkungan sekitarnya. Melalui kesadaran ini kita membedakan apa yang buruk atau baik bagi masyarakat secara keseluruhan sehubungan dengan masa depannya. Jika pembedaan ini diterapkan dengan benar maka hal ini dikenal sebagai "kecerdasan rasional".
  • Hati nurani psikologis : yang dimiliki individu tentang kehadirannya sendiri, tentang fakta dan objek yang berada di luar dirinya dan cerminan dari tindakannya sendiri.
  • Kesadaran moral : merupakan apa yang dimiliki individu mengenai aturan dan norma moral dan etika. Melalui kesadaran ini, seseorang menyadari apakah akhlaknya bernilai atau tidak. Nilai-nilai moral inilah yang membuat seseorang bertindak dengan cara tertentu, oleh karena itu orang yang mempunyai hati nurani selalu berhati-hati dalam bertindak dan menghormati batas-batas yang dijalaninya dengan cara yang benar-benar ideal.
  • Kesadaran sejarah: mendidik seseorang untuk bertindak berdasarkan peristiwa masa lalu sebagai pengalaman. Hal ini memungkinkan umat manusia untuk merenungkan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari di masa depan dengan mengesampingkan peristiwa bencana yang telah terjadi berdasarkan peristiwa tertentu.

Kesadaran manusia adalah suatu bentuk aktivitas mental, bentuk tertinggi. Yang kami maksud dengan aktivitas mental adalah semua proses mental, sadar dan tidak sadar, semua keadaan mental dan kualitas individu. Ini terutama proses kognisi, keadaan internal organisme, dan atribut kepribadian seperti karakter, temperamen, dan sebagainya. Aktivitas mental adalah atribut dari seluruh dunia hewan.

Kesadaran, sebaliknya, sebagai bentuk aktivitas mental tertinggi, hanya melekat pada manusia, dan itupun tidak setiap saat atau pada semua tingkatan. Itu tidak terjadi pada anak yang baru lahir, pada kategori orang sakit jiwa tertentu, pada orang yang tertidur atau dalam keadaan koma. Dan bahkan di negara maju, individu yang sehat dan terjaga tidak semua aktivitas mental merupakan bagian dari kesadarannya; sebagian besar darinya muncul di luar batas kesadaran dan termasuk dalam fenomena pikiran yang tidak disadari.

Isi aktivitas kesadaran terekam dalam artefak (termasuk bahasa dan sistem tanda lainnya), sehingga memperoleh bentuk eksistensi ideal, eksistensi sebagai pengetahuan, sebagai memori sejarah. Kesadaran  mencakup aspek aksiologis, yaitu aspek evaluatif, yang mengungkapkan selektivitas kesadaran, orientasinya pada nilai-nilai yang dikembangkan oleh masyarakat dan diterima oleh individu filosofis, ilmiah, politik, moral, estetika, agama, dll. Ini mencakup hubungan individu baik terhadap nilai-nilai tersebut maupun terhadap dirinya sendiri, sehingga menjadi suatu bentuk kesadaran diri, berasal dari sosial.

Pengetahuan seseorang tentang dirinya menjadi mungkin berkat kemampuannya menghubungkan prinsip dan orientasinya dengan pendirian orang lain, kemampuannya mempertimbangkan pendirian tersebut dalam proses komunikasi. Istilah "kesadaran" itu sendiri, yaitu pengetahuan yang diperoleh bersama dengan orang lain, menunjuk pada sifat dialogis dari kesadaran.

Keberadaan beberapa alam kesadaran menjadikannya target penelitian banyak ilmu pengetahuan dan semua seni. Bagi filsafat, pertanyaan utamanya adalah hubungan kesadaran dengan keberadaan. Sebagai properti dari materi yang sangat terorganisir (otak), kesadaran adalah keberadaan yang dirasakan secara sadar, yaitu gambaran subjektif dari dunia objektif atau realitas subjektif, dan pada bidang epistemologis, sebagai cita-cita yang kontras dengan materi dan sebagai kesatuan keduanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun