Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum : Tan keno kinoyo ngopo

Berpikir tentang Seni adalah Janji Kebahagian Umat Manusia untuk mencari dan menemukan cinta yang paling luhur

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Kapitalisme dan Superstruktur (17)

9 Desember 2022   15:50 Diperbarui: 9 Desember 2022   16:06 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kapitalisme dan Superstruktur (17)

Leon Trotsky , nama samaran Lev Davidovich Bronshtein , (lahir 7 November [26 Oktober, Gaya Lama], 1879, Yanovka, Ukraina , Kekaisaran Rusia meninggal 21 Agustus 1940, Coyoacn , Meksiko),ahli teori dan agitator komunis , pemimpin Revolusi Oktober Rusia pada tahun 1917, dan kemudian menjadi komisaris urusan luar negeri dan perang di Uni Soviet (1917/24). Namun, dalam perebutan kekuasaan setelah kematian Vladimir Ilich Lenin ,Joseph Stalin muncul sebagai pemenang, sementara Trotsky disingkirkan dari semua posisi kekuasaan dan kemudian diasingkan (1929). Dia tetap menjadi pemimpin oposisi anti-Stalinis di luar negeri sampai pembunuhannya oleh seorang agen Stalinis .

Trotsky memuji pecahnya revolusi di Rusia pada bulan Februari (Maret, Gaya Baru) sebagai pembukaan revolusi permanen yang telah dia prediksi. Dia mencapai Petrograd pada pertengahan Mei dan mengambil alih kepemimpinan faksi Menshevik sayap kiri . Menyusul pemberontakan Hari Juli yang gagal , Trotsky ditangkap dalam tindakan keras terhadap kepemimpinan Bolshevik yang dilakukan olehpemerintahan liberal Aleksandr Kerensky . Pada bulan Agustus, saat masih di penjara, Trotsky secara resmi diterima di Partai Bolshevik dan juga terpilih menjadi anggota Komite Sentral Bolshevik . Dia dibebaskan dari penjara pada bulan September dan tak lama kemudian terpilih sebagai ketua Deputi Buruh dan Tentara Soviet Petrograd.

Ketika pertempuran dipicu oleh serangan pemerintah yang tidak efektif pada awal 6 November (24 Oktober, Gaya Lama), Trotsky mengambil peran utama dalam mengarahkan tindakan balasan untuk soviet, sambil meyakinkan publik bahwa Komite Revolusi Militernya hanya dimaksudkan untuk membela Kongres Soviet. . Otoritas pemerintah runtuh dengan cepat, dan Petrograd sebagian besar berada di tangan Bolshevik pada saat Lenin muncul kembali dari bawah tanah pada tanggal 7 November untuk mengambil alih langsung Revolusi dan menyampaikan fakta yang telah dicapai kepada Kongres Soviet ketika bersidang keesokan harinya.

Trotsky terus berfungsi sebagai pemimpin militer Revolusi ketika Kerensky dengan sia-sia berusaha merebut kembali Petrograd dengan pasukan setia. Dia mengatur dan mengawasi kekuatan yang mematahkan upaya Kerensky diPertempuran Pulkovo pada 13 November. Segera setelah itu dia bergabung dengan Lenin dalam mengalahkan proposal untuk pemerintahan koalisi termasuk Menshevik dan Sosialis Revolusioner.

Dokumen The Nature of Stalinist Russia sekilas meninggalkan kesan pengetahuan dan analisis ilmiah. Namun, jika dipelajari dengan cermat, orang akan melihat  tidak ada satu bab pun yang berisi tesis terperinci. Metode merupakan rangkaian paralel berdasarkan kutipan, dan kelemahan mendasarnya ditunjukkan oleh fakta kesimpulan tidak berakar pada analisis..

Dari tesis ini tidak mungkin untuk menyimpulkan apakah Rusia Stalinis tetap merupakan sistem progresif (terlepas dari cacatnya), atau apakah bagi Cliff sekarang ia mengambil peran reaksioner yang sama seperti kapitalisme atau fasisme 'individual'. Kelemahan tersebut ditunjukkan dengan tajam oleh fakta  tidak ada kesimpulan praktis yang muncul. Haruskah Rusia dipertahankan, atau haruskah partai revolusioner kalah? Alih-alih jawabannya berakar pada analisis dan mengalir darinya, itu harus dikerjakan a posteriori .

Terlepas dari kenyataan  Kamerad Cliff berpendapat birokrasi Stalinis adalah kelas baru, tidak ada dalam pernyataannya yang memberikan analisis atau bukti nyata mengapa dan bagaimana kelas semacam itu merupakan kelas kapitalis, bukan jenis kelas baru.

Dan ini bukan kebetulan. Itu mengalir dari metode. Dia mulai dengan gagasan kapitalisme negara yang terbentuk sebelumnya, untuk menyesuaikan segala sesuatu secara artifisial ke dalam konsepsi itu. Alih-alih menerapkan metode teoretis para guru Marxis ke masyarakat Rusia dalam proses pergerakan dan perkembangannya, dia mencari kutipan dari karya mereka dan mencoba memadatkannya menjadi sebuah teori.

Tidak ada di dalam dokumen tersebut  Cliff menetapkan kriteria utama bagi kaum Marxis dalam analisis sistem sosial: Apakah formasi baru mengarah pada perkembangan kekuatan produktif? Teori Marxisme didasarkan pada perkembangan material dari kekuatan produktif sebagai kekuatan pendorong kemajuan sejarah. Peralihan dari satu sistem ke sistem lain tidak ditentukan secara subyektif, tetapi berakar dari kebutuhan produksi itu sendiri. Basis inilah, dan hanya basis inilah, di mana superstruktur dibangun: negara, ideologi, seni, sains, dll. Benar  superstruktur memiliki efek sekunder yang penting pada produksi dan bahkan dalam batas-batas tertentu, jelas Engels. mengembangkan gerakan independennya sendiri. Tetapi dalam analisis terakhir, perkembangan produksi adalah yang menentukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun