Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum : Tan keno kinoyo ngopo

Berpikir tentang Seni adalah Janji Kebahagian Umat Manusia untuk mencari dan menemukan cinta yang paling luhur

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Kritik Sistem Ekonomi Kapitalisme

19 November 2022   22:10 Diperbarui: 19 November 2022   22:21 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kritik Sistem Ekonomi Kapitalisme.dokpri

Kritik  Sistem Ekonomi kapitalis

 Jika kita ingin mengamankan lingkungan yang menyediakan kondisi layak huni bagi umat manusia, kita menghadapi empat ancaman: Biosfer memanas, sumber daya tak terbarukan habis, tanah, udara, dan air tercemar, dan keragaman spesies berkurang.

Semua ancaman muncul dari konflik antara lingkungan hidup yang terbatas, dan pertumbuhan yang mengancam mengisi dan meledakkan lingkungan ini. Saya percaya   dorongan sistematis untuk tumbuh muncul dari inti terdalam dari sistem ekonomi yang dominan saat ini. Solusi paling umum yang biasanya diajukan dalam perdebatan   teknologi, kuota, pajak, dan perubahan konsumsi swasta   tidaklah cukup.

Mereka sama sekali tidak mengubah paksaan sistem terhadap akumulasi dan pertumbuhan ekonomi. Diperlukan pemutusan hubungan dengan ekonomi pasar kapitalis.

Ekonomi pasar kapitalis yang berorientasi pada keuntungan adalah sebuah sistem yang tidak dapat berada dalam ekuilibrium; itu harus tumbuh atau mengalami krisis. "Kumpulkan atau mati, itulah Musa dan para nabi," tulis Karl Marx (1818-1883). 

Secara historis, dapat dikatakan   kapitalisme industri adalah sebuah langkah maju; produktivitas yang meningkat dan pertumbuhan ekonomi telah mengangkat sebagian besar penduduk dari kemiskinan total. Tetapi pertumbuhan yang sama saat ini telah menjadi ancaman terhadap basis alami di tingkat global, seperti halnya pertumbuhan pada masa Marx merupakan ancaman secara regional dan nasional:

Dan setiap kemajuan dalam pertanian kapitalis tidak hanya merupakan kemajuan dalam seni merampok pekerja, tetapi   seni merampok tanah. Setiap kemajuan yang meningkatkan kesuburan tanah untuk waktu yang singkat, pada saat yang sama merupakan kemajuan dalam penghancuran sumber permanen kesuburan ini. 

Semakin suatu negara, seperti Amerika Serikat, mulai dari industri skala besar sebagai basis perkembangannya, semakin cepat proses ini berlangsung. 

Oleh karena itu, produksi kapitalis hanya dapat mengembangkan teknik dan kombinasi dari proses-proses produksi sosial sambil secara bersamaan merongrong sumber-sumber yang darinya semua kekayaan berasal: tanah dan pekerja.  

Ancaman lingkungan global saat ini disebabkan oleh fakta   pertumbuhan yang berkelanjutan di utara, dan fakta   negara-negara besar di selatan seperti Cina atau India sedang mengalami proses yang sama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun