Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo_Academic Tools
APOLLO_ apollo_Academic Tools Mohon Tunggu... Dosen - Tan keno kinoyo ngopo

Sementara waktu__ izin saya minta maaf dan mohon maaf sekali lagi, jika belum bisa atau tidak sempat membalas komentar, atau vote, terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Buddhisme? (1)

29 September 2022   06:34 Diperbarui: 29 September 2022   07:35 294 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokpri/candi Mendut Magelang

Apa Itu Dokrin Buddhisme?

Selain filosofi kehidupan atau jalan evolusi spiritual, agama Buddha adalah sistem filosofis (ca. 2500 SM), didirikan oleh akya yang terkenal, Buddha Siddharta Gautama , yang lahir di India pada tanggal yang tidak diketahui.

 dikenal, di sebuah kota bernama Lumbini (Rummindei saat ini) , terletak di tempat yang sekarang dikenal sebagai wilayah Terai (Nepal), di kerajaan independen kuno Sakya (dalam bahasa Sansekerta akya) , di kaki pegunungan Himalaya yang beribukota Kapilavastu ; klan dominan mereka berbahasa Indo-Arya, disebut dalam teks Buddhis sebagai klan Ksatria. 

Menurut tradisi, ibunya, Maya, melahirkannya dalam perjalanan ke Kapilavastu ; dia meninggal tujuh hari setelah melahirkan anak itu.

Ayahnya adalah Sudodhana, raja dari klan keluarga yang memungkinkan Buddha Gautama untuk hidup dikelilingi oleh kemewahan, yang akan menikahi Gopa Yasodhara yang cantik, dan dari persatuan itu putranya Rahula lahir. 

Pada usia 29 tahun, Siddhartha meninggalkan dunia dan menjadi petapa; mengikuti pertapaan keras dan berlatih meditasi tanpa henti sampai mencapai pencerahan (pada usia 35). Sisa hidupnya ia berkhotbah dan menyebarkan Ajaran ; ketika dia meninggal pada usia 80, dia memiliki puluhan ribu pengikut.

Pencarian dalam diri orang yang khas dari Buddhisme Timur ini akhirnya mengubah manusia untuk mengubah dunia. Sejak zaman Schopenhauer, sistem telah membangkitkan minat besar di antara orang Barat, hari ini menghubungkan pendekatan ini sebagian dengan kejahatan "zaman kita", di antaranya komodifikasi kehidupan manusia dan penurunan referensi etis menonjol. 

Buddhisme dipraktekkan oleh antara 500 dan 700 juta orang yang tersebar di berbagai sekolah.

Jalan Buddha atau dharma mengusulkan kebebasan dari penderitaan melalui disiplin diri yang ketat, meditasi dan pengetahuan tentang realitas. Cara pembebasan individu ini mengandung manusia yang diubahkan oleh tindakannya dan bebas serta bertanggung jawab atas pilihannya. 

Lebih dari banyak agama Buddha, orang harus memikirkan agama Buddha yang beraneka bentuk, heteroklit, dan beragam yang mempertahankan inti esensial yang sama dan asli.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan