Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Berpikir (6)

26 September 2022   13:27 Diperbarui: 26 September 2022   13:52 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dalil Apollo (2012)/dokpri

Berpikir (6) Meditasi Dari Tuhan, Yang Ada

Sekarang, di antara gagasan-gagasan ini, selain gagasan yang mewakili diri saya sendiri, yang tentangnya tidak ada kesulitan di sini, ada gagasan lain yang mewakili Tuhan, yang lain yang mewakili benda-benda jasmani dan tak bernyawa, malaikat lain, binatang lain dan lain-lain, singkatnya, yang mewakili pria yang mirip denganku.

Tetapi, sehubungan dengan ide-ide yang diwakili oleh manusia, atau hewan, atau malaikat lain kepada saya, saya dengan mudah membayangkan  mereka dapat dibentuk oleh campuran dan komposisi ide-ide lain yang saya miliki tentang hal-hal jasmani dan Tuhan, meskipun di luar saya mereka tidak ada, ada manusia lain di dunia, atau binatang, atau malaikat.

Dan sehubungan dengan ide-ide tentang hal-hal jasmani, saya tidak mengenali sesuatu yang begitu hebat atau begitu luar biasa sehingga bagi saya tampaknya tidak berasal dari diri saya sendiri; karena, jika saya mempertimbangkannya lebih dekat, dan jika saya memeriksanya dengan cara yang sama seperti saya memeriksa ide lilin kemarin, saya menemukan  ada di dalamnya tetapi sangat sedikit yang saya bayangkan dengan sangat jelas dan jelas, yaitu: ukuran, atau salah satu perpanjangan panjang, tinggi dan lebar, dan gambar, yang dibentuk oleh tepi dan batas ekstensi; situasi yang dimiliki oleh badan-badan yang dikonfigurasi secara beragam satu sama lain; dan pergerakan atau perubahan situasi ini; yang Anda dapat menambahkan substansi, durasi dan nomor. 

Adapun hal-hal lain, seperti cahaya, warna, suara, bau, rasa, panas, dingin, dan sifat-sifat lain yang termasuk sentuhan, mereka ditemukan dalam pikiran saya dengan kegelapan dan kebingungan sedemikian rupa sehingga saya bahkan tidak tahu apakah itu benar atau salah, atau hanya tampak, yaitu, apakah ide-ide yang saya bayangkan tentang kualitas-kualitas ini, pada kenyataannya, ide-ide dari hal-hal nyata, atau apakah mereka tidak mewakili saya, lebih dari makhluk chimerical yang tidak bisa eksis. Karena, meskipun sebelumnya saya telah mengatakan  kebenaran dan kepalsuan formal hanya dapat ditemukan dalam penilaian, kita tetap dapat menemukan kepalsuan material tertentu dalam gagasan, yaitu: ketika mereka mewakili apa yang tidak ada seolah-olah itu adalah sesuatu. 

Misalnya, gagasan yang saya miliki tentang dingin dan panas sangat tidak jelas dan berbeda sehingga, melalui mereka, saya tidak dapat membedakan apakah dingin hanya menghilangkan panas, atau panas menghilangkan dingin, atau jika satu sama lain nyata. kualitas atau tidak; dan sejak, Karena gagasan itu seperti gambar, tidak mungkin ada sesuatu yang bagi kita tidak mewakili sesuatu. Jika benar dikatakan  dingin tidak lain adalah kekurangan panas, gagasan yang mewakilinya bagi saya sebagai sesuatu yang nyata dan positif tidak akan tidak tepat disebut palsu, dan ide-ide serupa lainnya; yang, tentu saja, tidak perlu bagi saya untuk menghubungkan penulis lain selain diri saya sendiri.

Karena, jika mereka salah, yaitu, jika mereka mewakili hal-hal yang tidak ada sama sekali, cahaya alami membuat saya tahu  mereka berasal dari ketiadaan, yaitu,  mereka tidak ada dalam diri saya kecuali karena ada sesuatu yang kurang dalam sifat saya, dan yang satu ini tidak sepenuhnya sempurna. Dan jika ide-ide itu benar, bagaimanapun, menunjukkan kepada saya begitu sedikit realitas sehingga saya bahkan tidak dapat dengan jelas membedakan hal yang diwakili dari yang tidak ada, saya tidak melihat alasan mengapa mereka tidak dapat diproduksi oleh saya sendiri dan mengapa saya tidak dapat menjadi penulisnya.

Adapun ide-ide yang jelas dan berbeda yang saya miliki tentang hal-hal jasmani, ada beberapa yang tampaknya dapat diturunkan dari ide yang saya miliki tentang diri saya, seperti yang saya miliki tentang substansi, durasi, jumlah, dan hal-hal lain yang serupa. 

Nah, ketika saya berpikir  batu itu adalah zat, atau sesuatu yang mampu eksis dengan sendirinya, dan kemudian saya adalah zat, meskipun saya secara sempurna membayangkan  saya adalah sesuatu yang berpikir dan tidak dapat diperluas, dan  batu, sebaliknya, itu adalah hal yang luas dan tidak berpikir sama sekali, sehingga antara dua konsepsi ini ada perbedaan yang mencolok, mereka tampaknya setuju, bagaimanapun, mereka mewakili zat. 

Dengan cara yang sama, ketika saya berpikir  saya ada sekarang, dan ingat pernah ada sebelumnya, dan memikirkan beberapa pemikiran berbeda yang jumlahnya saya tahu, kemudian saya memperoleh dalam diri saya gagasan tentang durasi dan jumlah, yang kemudian dapat saya transfer ke semua hal lain yang saya suka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun