Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Tan keno kinoyo ngopo

Sementara waktu__ izin saya minta maaf dan mohon maaf sekali lagi, jika belum bisa atau tidak sempat membalas komentar, atau vote, terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Lysis pada Filsafat Platon (1)

21 September 2022   22:05 Diperbarui: 21 September 2022   22:06 275 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa Itu Ide Lysis Platon (1)

Lysis adalah karya awal Platon. Socrates berbicara kepada pemuda Athena tentang rayuan dan philia , sentimen yang mencakup cinta dan persahabatan. Ini adalah perasaan yang menyatukan kekasih muda, teman selamanya atau cinta kebijaksanaan, alam atau anggur yang baik. Menjadi seorang filsuf bukanlah menjadi teman pengetahuan, itu menjadi pecinta kebijaksanaan! Dialog lain kemudian dari Platon, Simposium, didedikasikan untuk eros , yang bisa berupa cinta seksual atau cinta pengetahuan. ros menyiratkan filia tetapi tidak sebaliknya. saat menerjemahkan philaSaya akan menggunakan "cinta" lebih dari "persahabatan" karena persahabatan kita tidak memiliki intensitas philia. Ada agape, agp , cinta tanpa syarat dan universal, kadang di ekspresi tertingginya dalam Injil Lukas: "Jika seseorang datang kepada-Ku dan tidak membenci ayahnya, ibunya, istrinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya dan bahkan hidupnya sendiri, dia tidak bisa menjadi muridku.

Secara pribadi saya terpesona oleh karakter Socrates dan saya ingin menyampaikan semangat itu. Tanpa bahan ini saya pikir anak laki-laki akan terputus dalam dua menit.

Terkadang tidak mudah bagi siswa untuk mendapatkan teks yang perlu dibaca, ke sumbernya. Informasi yang berlebihan, kurangnya kriteria atau mode membuat tidak mungkin untuk membuat jalan seseorang melalui luasnya web. Mereka dipengaruhi oleh prasangka, kecurigaan  mereka akan bosan atau tidak mengerti atau  ini adalah sesuatu untuk orang tua. Pada awalnya Anda harus menemani mereka. Kami berutang kepada mereka.

 Dengan mengesampingkan prolog, catatan, bibliografi, catatan, dan ringkasan untuk langsung menuju sumber pengetahuan, ke teks Platon. Kami sudah berada di sana, membaca, Socrates sedang bersantai, berjalan dari Akademi ke Lyceum di luar tembok dan dia bertemu dengan beberapa anak muda. Mereka mengatakan kepadanya: Socrates, di sini Anda tinggal di arena , dengan yang paling berbudi luhur di Athena atau yang sama, yang terbaik, yang paling tampan dan paling cerdas. Socrates tidak menolak, dia merasa bidan ide diperlukan. Jika ada siswa di sini yang mengatakan  ini terlihat seperti "porno" itu pertanda baik, mereka sudah membaca yang tersirat.

Mereka segera mulai berbicara tentang satu yang mereka semua naksir. Itu adalah Lisis. Salah satu kekasihnya, Hippotales , tidak melakukan apa pun selain menyanjung. Socrates memperingatkannya, dengan cara ini, dia hanya menghiasi dirinya sendiri, tentang berapa banyak pahala yang akan dia kumpulkan ketika dia menangkap mangsanya. Selanjutnya, kata filosof, itu adalah teknik rayuan yang buruk karena orang yang dicintai menjadi lebih sombong dan sombong. Ini adalah teks pertama kami untuk diingat.

Lebih dari siapa pun  saya katakan  lagu-lagu ini menunjuk ke Anda, karena jika Anda berhasil mendapatkan anak laki-laki dari kelas ini, Andalah yang akan disukai dengan pidato dan lagu Anda sendiri, yang akan seperti pujian bagi pemenang , kepada siapa Keberuntungan telah menimpa anak laki-laki seperti itu. Tetapi jika dia lolos dari Anda, semakin Anda memujinya, semakin konyol Anda karena telah kehilangan keunggulan tersebut. Orang yang memahami cinta, sayang, tidak memuji yang dicintai sampai dia mencapainya, takut akan apa yang mungkin terjadi. Dan, pada saat yang sama, yang paling indah, ketika seseorang memuji dan memuji mereka, mereka membengkak dengan kebanggaan dan kesombongan. 205e-206a

Hippotales memintanya untuk mengajarinya cara merayu dengan lebih baik. Socrates mengatakan kepadanya  dia tidak dapat menjelaskannya kepadanya, tetapi dia dapat menunjukkannya kepadanya. Jadi mereka membentuk grup obrolan di gym berharap Lisis akan bergabung dengan mereka, yang akhirnya dia lakukan.

Bagian pertama. Socrates mulai mempertanyakan Lysis, mulai berfilsafat. Jika orang tua Anda mencintai Anda dan ingin Anda sebahagia mungkin, bukankah sudah jelas  mereka akan membiarkan Anda melakukan apa pun yang Anda inginkan ? Namun, mereka menjalankan hidup Anda seolah-olah Anda adalah seorang budak. 

Perawatan tubuh Anda tidak tergantung pada Anda, atau pakaian Anda, atau pendidikan Anda, atau apakah Anda naik kereta atau naki priavte jet tidak. Perhatikan  mereka tidak menunggu Anda mencapai usia , tetapi mereka hanya mempercayakan Anda dengan tugas-tugas di mana Anda menunjukkan pengetahuan, misalnya, menulis atau musik. Karena itu, ayahmu menunggumu untuk memperoleh pengetahuan yang tepat sebelum memberimu kebebasan yang pantas kamu dapatkan. Tidak hanya ayahmu tetapi semua orang Yunani lainnya dan bahkan orang Persia dan bahkan orang barbar. Dalam hal-hal di mana kita telah memperoleh pengetahuan, keputusan ada di tangan kita, apakah kita dokter atau juru masak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan