Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Kondisi dan Martabat Manusia Einstein

5 September 2022   22:21 Diperbarui: 5 September 2022   22:25 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kondisi dan Martabat Manusia Albert Einstein

Albert Einstein tanpa diragukan lagi adalah salah satu pemikir kemanusiaan yang paling mengagumkan. Prestasinya terutama di bidang sains, namun seiring berjalannya waktu, minat dan rasa ingin tahunya merambah ke bidang pengetahuan lain dan bahkan bisa dibilang manusia pada umumnya.

Sangat menarik, bertentangan dengan apa yang terjadi sekarang dan selama beberapa dekade, Einstein telah berkelana ke bidang lain, sebagian besar di bawah motivasi dan tujuan membentuk posisi terhadap kehidupan dan masalah kondisi manusia. .

Contoh yang baik untuk hal ini adalah teks yang ditulis oleh fisikawan pada tahun 1930 untuk majalah The Forum edisi Oktober , yang aslinya berjudul " What I Believe"; dapat diakses di tautan ini . Tak lama setelah teks ini dimasukkan ke dalam buku Living Philosphies , diterbitkan pada tahun 1931. Lama kelamaan dikenal dengan sebutan "The world as I see it".

Esai adalah semacam deklarasi prinsip-prinsip tentang masalah-masalah seperti kondisi manusia, dilemanya, kehidupan dalam masyarakat, bentuk pemerintahan yang paling nyaman, beberapa "kejahatan" pribadi dan kolektif yang akan kita lakukan dengan baik untuk memberantas, agama dan lain-lain.

Di bawah ini kami menyalinnya secara lengkap dan dalam terjemahan asli.

Aneh adalah situasi kita di Bumi ini. Masing-masing dari kita datang untuk kunjungan singkat, tidak tahu mengapa, meskipun kadang-kadang kita tampaknya merasakan suatu tujuan.

Namun, dari sudut pandang kehidupan sehari-hari, ada satu hal yang kita tahu:manusia ada di sini untuk kebaikan sesamanya, terutama mereka yang senyum dan kesejahteraannya bergantung pada kebahagiaan kita sendiri, dan untuk yang tak terhitung jumlahnya. jiwa-jiwa orang asing yang takdirnya menyatukan kita dengan ikatan simpati. Berkali-kali dalam sehari saya menyadari betapa kehidupan lahir dan batin saya didasarkan pada pekerjaan rekan-rekan saya, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, dan betapa saya harus berusaha untuk memberikan kembali sebanyak yang telah saya terima. Ketenangan pikiran saya sering terganggu oleh perasaan tertekansaya telah meminjam terlalu banyak dari pekerjaan orang lain.

Saya tidak berpikir kita dapat memiliki kebebasan dalam arti filosofis, karena kita bertindak tidak hanya di bawah tekanan eksternal, tetapi karena kebutuhan internal. Ungkapan Schopenhauer: "Seseorang pasti dapat melakukan apa yang dia inginkan, tetapi dia tidak dapat memutuskan apa yang dia inginkan", memaksakan dirinya pada saya di masa muda dan selalu menghibur saya ketika saya telah menyaksikan atau menderita kesulitan hidup. Keyakinan ini adalah persemaian toleransi, karena tidak memungkinkan kita untuk menganggap diri kita sendiri atau orang lain terlalu serius; melainkan membuat kita memiliki rasa humor.

Untuk merenungkan tanpa henti tentang alasan keberadaan seseorang atau tentang makna hidup secara umum bagi saya, dari sudut pandang objektif, tampaknya benar-benar gila. Namun, setiap orang memiliki cita-cita tertentu yang dengannya mereka memandu aspirasi dan penilaian mereka. Cita-cita yang selalu bersinar di hadapanku dan memenuhiku dengan kegembiraan hidup adalah kebaikan, keindahan, dan kebenaran. Menjadikan kenyamanan atau kebahagiaan sebagai tujuan tidak pernah membuat saya senang; sistem etika yang dibangun di atas fondasi ini hanya akan cukup untuk kawanan ternak.

Tanpa perasaan bekerja sama dengan makhluk-makhluk sejenis dalam mencari hal-hal yang selalu tak terjangkau dalam seni dan penelitian ilmiah, hidup saya akan kosong. Sejak kecil saya telah membenci batas-batas umum yang begitu sering dikenakan pada ambisi manusia.

Harta benda, kesuksesan asing, publisitas, kemewahan, selalu hina bagi saya. Saya percaya cara hidup yang sederhana dan bersahaja adalah yang terbaik untuk semua orang, yang terbaik untuk tubuh dan pikiran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun