Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo_Academic Tools
APOLLO_ apollo_Academic Tools Mohon Tunggu... Dosen - Tan keno kinoyo ngopo

Sementara waktu__ izin saya minta maaf dan mohon maaf sekali lagi, jika belum bisa atau tidak sempat membalas komentar, atau vote, terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Kecantikan?

31 Juli 2022   21:29 Diperbarui: 31 Juli 2022   21:35 89 10 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apa itu kecantikan?

Jika kita bertanya pada diri sendiri dari aspek emosionalnya, makna yang dimiliki keindahan tidak lain adalah sebagai jenis kesenangan.   Para psikolog   telah menekankan  kecantikan adalah sesuatu yang memberi kita perasaan senang dan  perasaan cantik identik dengan kesenangan egois. Meskipun penjelasan ini benar dalam beberapa hal, itu tidak memadai sebagai definisi kecantikan.

Perasaan keindahan itu menyenangkan, tetapi kebalikannya tidak selalu benar. Kita semua akan setuju  tidak peduli seberapa banyak kesenangan yang diberikan hal-hal seperti ketenaran, kesehatan, minuman atau makanan, semuanya tidak dapat dianggap sebagai kesenangan estetis Henry Rutgers Marshall telah menulis sebuah buku berjudul Pain, Pleasure and Aesthetics , yang menjelaskan secara rinci keindahan yang dianggap sebagai semacam kesenangan. 

Menurut argumen Henry Rutgers Marshall, kenikmatan estetis tidak hanya terbatas pada saat dirasakan, tetapi dinikmati kembali dalam arti yang sama ketika kita mengingatnya. Sederhananya, itu kesenangan yang stabil.

Meskipun saya dapat menerima  pernyataan Marshall cukup konsisten dengan fakta, pada dasarnya tidak berbeda dengan pendekatan sebelumnya terhadap masalah ini. Saya tidak dapat menerima sebagai penjelasan lengkap teori  karakteristik khusus kecantikan hanya terletak pada kesenangan yang stabil, atau  teori ini dapat sepenuhnya menjelaskan sifat keindahan.

Lalu apa saja ciri-ciri kenikmatan yang menimbulkan rasa keindahan itu? Apa ciri khusus dari perasaan keindahan? Menurut penjelasan yang diberikan oleh Idealisme Jerman sejak Kant, sensasi keindahan adalah kesenangan yang terpisah dari ego.Ini adalah kesenangan sesaat, ketika seseorang melupakan kepentingan atau kepentingannya sendiri dari jenis untung atau rugi, keuntungan atau kerugian. Muga seperti ini sajaitu adalah elemen penting dari keindahan; ketika elemen ini hilang, tidak masalah jenis kesenangan apa yang telah dialami, karena rasa keindahan ini tidak akan muncul darinya. 

Dahulu kala seseorang menyatakan keinginan untuk "melihat bulan pengasingan, sementara tidak bersalah",Itu mengungkapkan masalah dengan sangat baik.

Bahkan jika seorang pria adalah seorang seniman jenius yang hebat, tidak ada seorang pun yang bertekad untuk menjadi salah satu dari hati menjadi guru yang hebat. Namun, sebaliknya, ketika kita tidak dibatasi oleh pemikiran tentang diri, tidak hanya perasaan keindahan yang muncul, tetapi segala sesuatu yang awalnya tidak menyenangkan kita berubah sepenuhnya dan memberi kita kesenangan estetis.

Karena alasan inilah ketika kita semakin merasakan kenikmatan estetis dalam membaca puisi sedih, kita mengalami semakin banyak kebencian atau belas kasihan atas apa yang penuh kebencian atau kesedihan. 

Pria yang tidak hanya berpaling dari masalah eksternal tetapi sepenuhnya menceraikan dirinya dari pemikiran "melayani diri sendiri", sampai pada titik di mana segala sesuatu dalam hidup memiliki rasa keindahan itu. ". Jadi jika Anda ingin mendapatkan rasa keindahan yang sebenarnya, harus menghadapi hal-hal dari keadaan muga yang murni . Rasa keindahan muncul melalui kondisi esensial ini, yang dikenal sebagai "ilham ilahi" dalam seni.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan