Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo_Academic Tools
APOLLO_ apollo_Academic Tools Mohon Tunggu... Dosen - Tan keno kinoyo ngopo

Sementara waktu__ izin saya minta maaf dan mohon maaf sekali lagi, jika belum bisa atau tidak sempat membalas komentar, atau vote, terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Sophocles: Seni Drama Wayang Kosmik (1)

17 Juli 2022   10:08 Diperbarui: 17 Juli 2022   10:16 100 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sophocles: Seni Drama Wayang Kosmik (1)

Sophocles (sekitar 496 SM - 406 SM) masa Yunani Kuna adalah salah satu dari tiga tragedi besar Yunani kuna  yang, bersama Aeschylus dan Euripides, mendefinisikan bentuk drama dan teater, membangun tradisi sastra yang tidak hanya memengaruhi drama dunia kuna,  tetapi tradisi sastra Barat hingga hari ini. Setiap dramawan hebat   dari Seneca hingga William Shakespeare, dari Jean-Baptiste Moliere hingga Johann Wolfgang von Goethe   sampai taraf tertentu dipengaruhi oleh tragedi Sophocles.

Tragedi Sophocles bukanlah turunan dari nasib Homer atau kehendak keras para dewa daripada batas manusia yang melekat. Sophocles meramalkan tragedi Shakespeare, mengeksplorasi infalibilitas manusia, batas pengetahuan, dan kepekaan kondisi manusia dalam tatanan kosmik. Dalam tragedi Sophocles, pelanggaran hukum alam membawa konsekuensinya sendiri, tetapi penderitaan  menawarkan sarana penebusan.

Protagonis Sophocles dikagumi oleh Aristotle sebagai "hanya lebih mulia." Pemain mengekspresikan kesalehan yang mendalam, tanpa takhayul. Kesombongan, kemurahan hati, ketidaksopanan, dan dorongan untuk membalas dendam setelah laki-laki dan perempuan dalam tindakan yang disakralkan, namun sosok heroik mengatasi rintangan dan ketidakadilan dengan terlibat aktif, berani dan menghormati para dewa.

Dan lebih dari 120 drama Sophocles, delapan belas telah memenangkan hadiah pertama dalam kompetisi, meskipun hanya tujuh yang bertahan. Diagram yang harus dibawa Sophocles ke masa sepanjang sejarah dan di seluruh dunia Barat telah diadaptasi dan dijahit ulang, dari tragedi Yunani dan Romawi, hingga bahasa abad pertengahan dan Renaisans, hingga adaptasi Sophocles yang terus diproduksi hingga saat ini. Dia adalah salah satu penulis paling berpengaruh di Yunani kuna  dan salah satu penulis drama terbesar dalam sejarah.

Apa yang sedikit diketahui tentang kehidupan Sophocles dapat diperoleh dari fragmen penulis kuna  lainnya, yang karyanya sebagian besar telah hilang. Setelah Suda, Sophocles menulis 123 drama dalam kompetisi dramatis Festival Dionysos (di mana setiap penyerahan diselesaikan oleh satu industrialis dari empat drama; tiga tragedi dalam pertunjukan satir, semacam kantata petani Yunani kuna  yang ditampilkan pada serangkaian tragedi untuk Menghilangkan duka masyarakat).

Sophocles memenangkan lebih banyak hadiah pertama (sekitar 20) daripada penulis naskah lainnya, dan menempati posisi kedua dalam semua yang lain di mana dia berpartisipasi. Kemenangan pertamanya adalah 468 SM,   adalah pertama kalinya ia berkompetisi.

Hanya tujuh dari tragedinya yang bertahan sepenuhnya dalam tradisi manuskrip abad pertengahan. Yang paling terkenal adalah tiga tragedi tentang Oedipus dan Antigone: Ini sering dikenal sebagai drama Theban atau The Oedipal cycle, meskipun mereka tidak membentuk trilogi tunggal. Penemuan papirus dari akhir abad kesembilan belas, terutama di Oxyrhynchus, telah menambah pengetahuan kita tentang karya Sophocles. Fragmen paling signifikan yang telah muncul sejauh ini berisi sekitar setengah  permainan satir, The Tracking Satyrs.

Sophocles lahir sekitar satu mil barat laut Athena di daerah pedesaan (komunitas kecil) Colonus Hippius di Attica. Kelahirannya terjadi beberapa tahun sebelum Pertempuran Marathon 490 SM.: Tahun pastinya tidak jelas, meskipun 497 atau 496. Sifat kehidupan keluarganya kontroversial; tidak diketahui apakah ayahnya, Sophillus, adalah seorang tukang kayu, pandai besi atau pandai besi, apakah dia memiliki budak yang mengejar pekerjaan seperti itu. Sophocles muda memenangkan penghargaan gulat dan musik, dan anggun dan tampan. Dia memimpin paduan suara anak laki-laki (paean) pada perayaan kemenangan Athena atas Persia pada Pertempuran Salamis 480 SM

Sophocles menikmati profil publik di luar teater. Pada 443/442   menjabat sebagai salah satu Helenotamiai atau bendahara Athena. Orang Athena memilih dia sebagai salah satu dari sepuluh jenderal untuk 441/440 berpartisipasi dalam pemberontakan pulau Samos. Ada beberapa bukti  dia adalah salah satu komisaris yang diangkat pada tahun 413 SM. sebagai tanggapan atas kehancuran dahsyat pasukan ekspedisi Athena di Sisilia. Sophocles  menghabiskan beberapa waktu sebagai petapa dewa..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan