Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo_Academic Tools
APOLLO_ apollo_Academic Tools Mohon Tunggu... Dosen - Tan keno kinoyo ngopo

Sementara waktu__ izin saya minta maaf dan mohon maaf sekali lagi, jika belum bisa atau tidak sempat membalas komentar, atau vote, terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Ada? (2)

14 Juli 2022   00:34 Diperbarui: 14 Juli 2022   00:43 116 11 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apa Itu Ada? Jawaban Neoplatonisme, Hegel

Pada Neoplatonisme di Plotinus,  tanah, prinsip pertama, (untuk mengejek),  ide-ide dan makhluk empiris diturunkan dari hierarki. Untuk disamakan dengan roh (nous). Pada saat yang sama, roh adalah siapa itu. Menjadi dan berpikir bertepatan dalam satu. Menjadi adalah berpikir, menjadi adalah apa yang dipikirkan seseorang.

Yang pertama haruslah sesuatu yang sederhana di atas segalanya, berbeda dari segala sesuatu yang sesudahnya, menjadi untuk dirinya sendiri, tidak bercampur dengan sesuatu yang berasal darinya, dan tetap dapat hadir dengan cara yang berbeda, benar-benar satu hal menjadi dan bukan sesuatu yang pertama. lain dan hanya kemudian satu.

Karena jika itu tidak mudah, dihapus dari semua kesiapan dan semua diperparah, dan benar-benar satu hal, maka itu tidak akan lagi menjadi penyebab asli; hanya karena sederhana, itu adalah yang paling independen dari semua hal dan dengan demikian yang pertama. "

Dari tanah purba ini mengalir segala sesuatu yang melalui emanasi . Pikiran itu sendiri adalah langkah pertama dalam emanasi. Akal tidak bisa menjadi otoritas tertinggi, karena selalu mengandung acuan pada sesuatu, perbedaan. Perbedaan yang tidak ditentukan ini adalah. Perkembangan komoditi adalah dunia ide (cosmos noetos),  dunia akal. Nuset menciptakan genus dan jenis makhluk melalui emanasi.

Ide-ide adalah keseluruhan keberadaan, melalui mana keragaman materi dibawa ke dalam kesatuan. Ide-ide memberi wujud pada makhluk dan dengan demikian secara ontologis primer. Emanasi adalah proses hierarkis evolusi dari jenderal tertinggi ke spesies individu.   Menentukan  tatanan dunia.

Jika ide-ide itu sekarang banyak, pasti ada kesamaan di dalamnya dan   sesuatu dari mereka sendiri, yang membedakan satu dari yang lain. Perbedaan yang terpisah ini adalah bentuk individual dari ide tersebut. Tetapi jika ada bentuk, itu adalah sesuatu yang terbentuk, di mana perbedaan spesifiknya; 

Jadi ada   materi di sana, yang mengambil bentuk dan merupakan substrat bagi semua orang. Lagi pula, jika ada kosmos yang dapat dipahami di dunia atas dan duniawi adalah citranya, tetapi ini terdiri, antara lain, materi, maka pasti ada materi di sana. "

Seperti Plotinus, muridnya Porphyrios membedakan antara makhluk, hidup, dan berpikir. Setelah itu, Agustinus menggabungkan pemikiran Kristen dengan neoplatonisme dalam doktrinnya tentang Trinitas. Makhluk duniawi yang diciptakan bertentangan dengan makhluk ilahi yang tidak diciptakan. 

Keberadaan tidak lagi tersedia untuk pengetahuan indera manusia. Pengetahuan tentang keberadaan menjadi pengetahuan batin orang percaya (intima cognitio).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan