Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Tan keno kinoyo ngopo

Sementara waktu__ izin saya minta maaf dan mohon maaf sekali lagi, jika belum bisa atau tidak sempat membalas balas komentar, atau vote, terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Apa Itu Hubungan Antara Etika Marxis dengan Etika Lingkungan?

26 Juni 2022   21:11 Diperbarui: 26 Juni 2022   21:55 83 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apa itu Hubungan antara Etika Marxis dan Etika Lingkungan

Manusia yang terpisah dari masyarakat bukanlah manusia, tetapi apakah masyarakat hewan itu? Filosofi hak-hak binatang digunakan untuk menempatkan penghinaan terhadap manusia dalam sistem dengan efisiensi industri. Di bagian kedua artikel mereka tentang para filsuf tentang hak-hak binatang,  

Marx atau Engels tidak pernah membahas masalah moralitas atau teori moral Marxis tertentu, selain secara sepintas lalu dalam bentuk aforistik. Di sisi lain, pandangan moral dapat diturunkan dari teori pengetahuan Marxisme, filsafat sejarah dan berbagai cita-cita atau utopia yang dirumuskan oleh Marx atau Engels. Berikut ini, adalah Diskursus untuk melakukan beberapa upaya untuk menggambar posisi etika Marxis.

Seperti Aristotle, dan Hegel, Marx menekankan  manusia adalah makhluk sosial. Menurut Marx, ciri manusia sebagai spesies adalah  aktivitas hidupnya, tidak seperti hewan, adalah sadar dan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan pengetahuan yang diperoleh. Dengan demikian, aktivitas yang dilakukan manusia untuk mempertahankan eksistensi fisiknya bukanlah aktivitas naluriah, melainkan aktivitas sadar yang secara tegas membedakan pekerjaan manusia dari hewan.

Ciri khas manusia justru adalah caranya berproduksi. Untuk bertahan hidup, baik manusia maupun hewan harus memperoleh makanan, tetapi tidak seperti hewan yang mengambil apa yang ditemukan di alam, manusia menghasilkan agen pendukung kehidupan mereka. 

Produksi kebutuhan ini membuat manusia menjadi makhluk historis. Titik awal yang penting bagi Marxisme adalah materialisme dan ide pembangunan. Manusia sebagai makhluk historis dibentuk oleh lingkungan tetapi pada saat yang sama membentuk dirinya sendiri dan lingkungan dalam praktik sosial.

Melalui pekerjaan dan aktivitasnya, dia menjadikan dirinya apa adanya. Sejarah adalah proses kreatif yang berkelanjutan dimana umat manusia diwujudkan, dimana manusia menjadi manusia dalam interaksi kreatif dengan sesama manusia dan dengan lingkungannya. 

Perkembangan dan perubahan ini sangat penting dalam perkembangan sejarah. Ras manusia memiliki sejarah, dan manusia memandang dirinya sebagai makhluk historis. Manusia yang sepenuhnya terpisah dari masyarakat bukanlah manusia; sifatnya hanya menjadi jelas ketika dia telah menjadi beradab.

Manusia sebagai makhluk historis dibentuk oleh lingkungan tetapi pada saat yang sama membentuk dirinya sendiri dan lingkungan dalam praktik sosial. Melalui pekerjaan dan aktivitasnya, dia menjadikan dirinya apa adanya. Sejarah merupakan proses kreatif yang berkelanjutan dimana umat manusia terwujud, dimana manusia menjadi manusia dalam interaksi kreatif dengan sesamanya dan dengan lingkungannya. Perkembangan dan perubahan ini sangat penting dalam perkembangan sejarah.

Ras manusia memiliki sejarah, dan manusia memandang dirinya sebagai makhluk historis. Manusia yang sepenuhnya terpisah dari masyarakat bukanlah manusia; sifatnya hanya menjadi jelas ketika dia telah menjadi beradab. Manusia sebagai makhluk historis dibentuk oleh lingkungan tetapi pada saat yang sama membentuk dirinya sendiri dan lingkungan dalam praktik sosial.

Melalui pekerjaan dan aktivitasnya, dia menjadikan dirinya apa adanya. Sejarah adalah proses kreatif yang berkelanjutan dimana umat manusia diwujudkan, dimana manusia menjadi manusia dalam interaksi kreatif dengan sesama manusia dan dengan lingkungannya. Perkembangan dan perubahan ini sangat penting dalam perkembangan sejarah. Ras manusia memiliki sejarah, dan manusia memandang dirinya sebagai makhluk historis.

Manusia yang sepenuhnya terpisah dari masyarakat bukanlah manusia; sifatnya hanya menjadi jelas ketika dia telah menjadi beradab; dimana manusia menjadi manusia dalam interaksi kreatif dengan sesama manusia dan dengan lingkungannya. Perkembangan dan perubahan ini sangat penting dalam perkembangan sejarah.

Pandangan Marxisme tentang masyarakat jelas memiliki konsekuensi etis. Pandangan Marxisme tentang etika sering disalahpahami atau sengaja diselewengkan. Marxisme sering salah dikaitkan hanya dengan posisi mengutuk dalam menghadapi masalah moral. Kritik Marxis menyerang baik moralitas maupun imoralitas di masa lalu dengan menunjukkan bagaimana keduanya muncul dari satu sama lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan