Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo. CIFM
Prof. Dr. Apollo. CIFM Mohon Tunggu... Seniman - Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Di Depan Mata

5 September 2021   17:43 Diperbarui: 5 September 2021   17:53 127 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Di Depan Mata

Di depan mata  saya melihat perselingkuhan sebagai tanda   sudah waktunya untuk mengakhiri suatu hubungan. Namun: bukan karena kita tidak lagi mencintai pasangan kita sehingga dapat mencoba mencari di tempat lain.

Apa yang bisa menyelamatkan cinta? Rupanya penipuan. Jika perselingkuhan lebih sering dianggap sebagai pengkhianatan dan akhir dari hubungan cinta,   akan menjadi sarana bagi psikoanalis dalam memahaminya

Saksi mata terkenal tidak bisa diandalkan. Sebagai permulaan, orang menyesuaikan ingatan mereka. Kita memiliki contoh yang bagus tentang hal ini dari dunia kuno, yaitu percakapan yang dilakukan Kaisar Konstantinus Agung sesaat sebelum kematiannya pada tahun 337 M. dengan Eusebios, yang kemudian menulis biografi kaisar. 

Penguasa mengenang visi yang pernah dia miliki. Dia bersumpah kepada tamunya  itu benar-benar terjadi. Setelah tengah hari, dia meyakinkannya, dia dan tentaranya telah melihat salib yang bersinar di langit. 

Awalnya, dia bingung tentang maknanya. Kemudian, dalam mimpi, Kristus menasihatinya untuk membuat standar dalam bentuk tanda ini. Jadi setelah tidur malam itu, Konstantinus mengetahui  penglihatan itu bersifat Kristen.

Raja  tua itu tidak mengingat banyak hal dengan baik ditunjukkan oleh pidato dari musim panas. Orator, yang namanya telah dilupakan, mengatakan  Konstantinus baru-baru ini mengunjungi "kuil terindah di dunia", Andesina, di mana dia memiliki kesan  dewa matahari sedang menawarkan karangan bunga yang menjanjikan pemerintahan selama tiga puluh tahun.  

Sesuatu memang terjadi pada 309/310 dibuktikan dengan koin Konstantinus , yang menunjukkan dia sebagai pendamping matahari. Kebijakan pro-Kristen yang membuatnya terkenal belakangan ini.

Ingatan Constantine pasti telah mempermainkannya. Apa yang awalnya dia anggap sebagai penampakan dewa matahari, kemudian dia jelaskan sebagai manifestasi dari "cahaya dunia". Jadi, ahli barang antik yang berurusan dengan penglihatan Konstantinus harus memperhitungkan fakta  ingatan seorang saksi mata mungkin diwarnai oleh konsep-konsep selanjutnya.

Lebih banyak contoh diketahui dari sumber kami di mana seorang saksi mata salah. Pada era Roman Sejarawan Ammianus Marcellinus suatu tempat memberikan gambaran topografi Amida, kini, di mana ia ditempatkan sebagai seorang prajurit. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan