Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo. CIFM
Prof. Dr. Apollo. CIFM Mohon Tunggu... Seniman - Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Apa Itu Budaya Perusahaan?

3 Agustus 2021   19:06 Diperbarui: 3 Agustus 2021   19:11 113 11 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apa Itu Budaya Perusahaan?
dokpri/2021

Apa Itu Budaya Perusahaan?

Apa yang memotivasi karyawan untuk bergerak ke arah yang benar dengan menyatukan organisasi? Banyak perusahaan bagus mengatakan itu adalah "budaya perusahaan". "Budaya" di sini mengacu pada nilai, cara berpikir, dan perilaku yang menciptakan lingkungan yang mengarah pada kesuksesan.

Pertama, memahami tradisi unik perusahaan serta kekuatan dan kelemahan budaya saat ini merupakan langkah besar. Lakukan diskusi satu lawan satu dengan karyawan dari departemen yang berbeda, atau selidiki seluruh organisasi. "Ikon budaya" seperti visi, nilai, dan pengetahuan pendiri di sana seringkali dengan jelas menunjukkan bagian dari budaya.

Pada bisnis perbankan misalnya agar bank dapat meningkatkan kinerja keuangannya, diperlukan budaya di mana semua karyawan bertanggung jawab untuk meningkatkan transaksi baru dan memperoleh banyak pelanggan. Jadi  pertama-tama menetapkan tujuan baru di dalam perusahaan.

"Budaya perusahaan" adalah salah satu istilah tata kelola bisnis, dan meskipun merupakan elemen yang mempengaruhi kinerja perusahaan, itu adalah konsep abstrak, dan   banyak orang memiliki definisi yang ambigu. Ada konsep serupa seperti "budaya organisasi" dan "budaya perusahaan", tetapi semuanya memiliki makna yang berbeda.

Untuk memanfaatkan budaya perusahaan dan meningkatkan kinerja perusahaan, perlu dipahami apa itu "budaya perusahaan". Kali ini   menjelaskan secara garis besar "budaya perusahaan".

Apa pengertian dan definisi budaya perusahaan?; Budaya perusahaan mengacu pada "nilai unik, norma perusahaan, prasyarat, aturan, dll dimiliki bersama oleh perusahaan dan karyawan secara sadar dan tidak sadar." Ini terutama "nilai-nilai yang menjadi prinsip tindakan". Secara bertahap terbentuk dan berubah di bawah pengaruh luar.

Arti "budaya" adalah "nilai-nilai kreatif dan bebas yang mencerminkan zaman daripada tanah". Budaya   terkadang digunakan untuk menekankan kerukunan (kerjasama) dan untuk menggunakan niat yang benar dan tatemae dengan benar, dan untuk mengembangkan budaya "manufaktur" yang memproses dan mengekspor barang karena kelangkaan sumber daya alam. Contoh spesifik dari budaya perusahaan adalah sebagai berikut. [a] Apakah individualisme atau penting untuk kerja tim?; [b] Apakah berorientasi pada pertumbuhan atau berorientasi stabil?; [c] Apakah itu senioritas atau bayaran untuk kinerja?; [d] Atas-bawah atau bawah-atas;dan [e] Apakah Anda memuji dan menumbuhkan atau memarahi dengan keras?

Ada tingkat untuk budaya perusahaan. Tidak semua perusahaan terbagi menjadi dua pola, "individualisme atau kerjasama tim", melainkan "individualisme". Oleh karena itu, tidak mudah untuk menentukan "seberapa individualistisnya" itu kecuali dalam bidang yang memanfaatkan psikologi atau teknologi, seperti tes bakat.

Kata yang mirip dengan budaya perusahaan adalah budaya organisasi. "Budaya perusahaan" adalah ketika satu organisasi dianggap sebagai "seluruh perusahaan", dan "budaya organisasi" adalah ketika departemen dan tim dianggap sebagai satu organisasi. Bahkan di perusahaan yang sama, departemen yang berbeda seperti "departemen penjualan" dan "departemen pengembangan" mungkin memiliki budaya yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan