Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Buku Terbaik Selama Sejarah Uni Eropa

12 Mei 2021   07:52 Diperbarui: 12 Mei 2021   07:58 71 4 0 Mohon Tunggu...

Buku terbaik selama sejarah Uni Eropa

Apa nama buk terbaik dan terpenting selama sejarah Uni Eropa? Tentu saja pertanyaan ini juga menyangkut nama penulis dan pengarangnya. Sangat mudah menentukan mencari dan menemukannya.

Buku terpenting dan terbaik selama sejarah Eropa adalah 3 buku [Immanuel Kant , (22 April 1724,  12 Februari 1804),  dalam konteks pengaruh intelektualnya, terutama dengan latar belakang skeptisisme dan empirisme, rasionalisme. 3 buku untuk pandangan Kants di bidang utama pengetahuan dan metafisika; moralitas dan kebebasan; dan keindahan, humaniora dan desain. Ketiga buku tersebut adalah 3 kritik; Critique of Pure Reason (1781, 1787),   Critique of Practical Reason (1788), dan  Critique of the Power of Judgment (1790)

Kant adalah salah satu pemikir terkemuka di Pencerahan dan bisa dibilang salah satu filsuf terbesar sepanjang masa sejarah Uni Eropa dan seluruh dunia hingga saat ini. Dalam dirinya dimasukkan tren baru yang dimulai dengan rasionalisme (alasan) dari Rene Descartes dan empirisme (menekankan pengalaman)   membuka era baru dalam perkembangan pemikiran filosofis, teoritis.

Arthur Schopenhauer oleh Schopenhauer sebagai   buku terpenting yang pernah ditulis di Eropa.  

Charles Sanders Peirce   dan, Jean-Paul Sartre menyatakan Kant adalah  bukan terang dunia, tetapi seluruh tata surya yang bercahaya sekaligus.  Dan Karl Jaspers  menulis dengan antusias:  Etosnya adalah etos kehidupan sehari-hari dan setiap saat. Kita tidak perlu mengaguminya sebagai orang asing. Kita bisa tinggal bersamanya.   Seseorang  dapat memperluas pepatah terkenal Alfred North Whitehead, yang menurutnya semua filsafat terdiri dari catatan kaki berasal dari pemikiran untuk Platon,  yang menyatakan bahwa semua filsafat sejak 1781  tahun penerbitan  KABM [kririk akal budi murni], mewakili  catatan kaki untuk Kant  dengan cara yang sama.

Bagi saya pribadi menyatakan Tidak ada mutu pemikiran apapun, tanpa memahami  Kant . Segala mutu pemikiran,  inpirasi, novelty pemikiran hanya dapat dilakukan dengan fondasi pemikiran Kant. Tanpa Kant adalah ketidakmungkinan memperoleh pemikiran  bermutu.

Puisi Friedrich Schiller: dengan tepat menyebut Immanuel Kant sebagai salah satu  raja kebijaksanaan  terbesar, agak menyedihkan, karena pemikirannya membawa titik balik dalam sejarah filsafat yang 217 tahun [2021] setelah kematiannya pada 12 Februari 1804, masih belum sepenuhnya dipahami dan cukup sering disalahpahami, warisan filosofis Kanten masih jauh dari habis,  Filsafat Kant, seperti yang dikatakan Jaspers, telah mencapai kepentingan sejarah dunia; Jaspers menghitung Kant, bersama dengan Platon, sebagai pemikir fundamental Barat, dan dunia hingga saat ini.  

Pada tanggal 24 April 1803 Kant menulis dalam buku catatannya:  Menurut Alkitab: hidup kita berlangsung selama 70 tahun dan, ketika muncul, 80 tahun dan masih enak hidup, itu adalah kerja keras dan kerja.   Tak lama setelah kematian Kant pada 12 Februari 1804,  Koran Kerajaan Prusia  menerbitkan sebuah catatan yang berbunyi:

Hari ini pukul 11 siang Immanuel Kant meninggal di sini karena kelelahan di usianya ke-80 tahun. Dunia tahu dan menghormati jasanya untuk revisi filosofi spekulatif. Apa yang membedakannya, kesetiaan, kebajikan, kebenaran, keramahan, kehilangan   hanya dapat dirasakan sepenuhnya di tempat kita, di mana memori almarhum disimpan dengan cara yang paling terhormat dan abadi.  

Satu kata penting bagi pencerahan akal budi manusia yang seing di kutip adalah  pepatahnya Kant  {"Sapere aude,  Dare to be wisdom"}    menjadi moto Pencerahan, mengatakan sesuatu seperti:  Sapere Aude!"  berarti "Beranilah Berpikir Sendiri", dan menilai untuk diri sendiri.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN