Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Sintesis Pemikiran Filsafat Marx dan Weber

9 Mei 2021   21:32 Diperbarui: 9 Mei 2021   21:33 382 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sintesis Pemikiran Filsafat Marx dan Weber
ilustrasi pribadi

Sebagimana diketahui Karl Marx dan Max Weber adalah sosiologi klasik Jerman   akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Tulisan di Kompasiana  ini memberikan gambaran singkat tentang definisi Marx dan Weber tentang gagasan 'kapitalisme' serta perbandingan lebih lanjut pada dua punggawa ini. 

Kapitalisme dalam teori-teori kedua sosiolog terkemuka ini direpresentasikan dari sudut pandang yang berbeda, dengan demikian, perbandingan tersebut menjanjikan akan menjadi signifikan. 

Sebagai sumber utama penelitian ini direncanakan menggunakan karya-karya utama Karl Marx dan Max Weber tentang kapitalisme, khususnya: "Das Kapital".  

Kritik Ekonomi Politik "dan" Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme "beserta analisis dan kritik terhadap teori mereka, yang telah dilakukan oleh sosiolog lain. 

Sebagimana diketahui  sisi   "subjekivistik" atau "idealis" (sosial) Max Weber dan  "objektivis" atau "materialis" (sosial) Karl Marx di sisi lain  menjelaskan asal-usul, fungsi dan konsekuensi  kapitalisme modern. 

Pertanyaan pada tulisan di Kompasiana ini adalah baik Marx dan Weber mengartikulasikan teori perubahan sosial, dan penjelasan lanjutan untuk asal mula kapitalisme. Siapa yang diyakini valid? Atau dapatkah keduanya disintesis?.

Maximilian Carl Emil "Max" Weber (1864/1920), atau Max Weber,  (lahir 21 April 1864, Erfurt,  Prusia [Jerman] meninggal 14 Juni 1920, Munich,  Jerman), sosiolog dan ekonom politik Jerman terkenal karena tesisnya tentang "etika Protestan"   untuk basis kapitalisme,  dan ide-idenya tentang birokrasi. 

Pengaruh mendalam Weber pada teori sosiologis berasal dari tuntutannya akan objektivitas dalam keilmuan dan dari analisisnya tentang motif di balik tindakan manusia.

Karl Marx, lengkapnya Karl Heinrich Marx,  (lahir 5 Mei 1818, Trier,  provinsi Rhine, Prusia [Jerman] meninggal 14 Maret 1883, London,  Inggris), revolusioner, sosiolog, sejarawan, dan ekonom. Marx, menerbitkan (dengan Friedrich Engels) Manifest der Kommunistischen Partei (1848), umumnya dikenal sebagaiManifesto Komunis, paling terkenal dalam sejarah gerakan sosialis. 

Marx, penulis buku terpenting gerakan, Das Kapital. Tulisan-tulisan  lainnya oleh Marx dan Engels membentuk dasar dari pemikiran dan keyakinan yang dikenal sebagai Marxisme.

Max Weber dan Karl Marx, sebenarnya tidak saling bertentangan.   Kontradiksi antara Marx dan Weber dan untuk memeriksa kembali ini untuk kemungkinan harmonisasip.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN