Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Siapa Itu Gotthold Ephraim Lessing?

28 April 2021   06:43 Diperbarui: 28 April 2021   06:47 75 1 0 Mohon Tunggu...

Siapa itu Gotthold Ephraim Lessing?

Nama lengkapnya adalah Gotthold Ephraim Lessing lahir pada 22 Januari 1729 di Kamenz (Dresden) sebagai anak seorang pendeta Protestan. 1737-41 dia menghadiri sekolah Latin di Kamenz., Dari 1741-46 kemudian sekolah pangeran St. Afra di Meiben, di mana Lessing belajar bahasa Prancis dan Inggris. Dari 1746-48 Lessing mempelajari teologi, filsafat dan kedokteran di Leipzig.

Selama ini ia dikenal untuk pertama kalinya dengan komedi bergaya periode Pencerahan seperti "The Young Scholar", "The Jewish" dan "The Free Spirit".  Pada akhir tahun 1748 Lessing pergi ke Berlin. Bersama sepupunya Christoph Mylius, Lessing menerbitkan majalah "Kontribusi untuk Sejarah dan Rekaman Teater" dan dari 1751 bekerja untuk "Berlinische Privilegierte Zeitung". Pada 1750 Lessing bertemu Voltaire. Dengan tragedi "Miss Sara Sampson", yang ditulis Lessing pada musim semi 1755,  Lessing membuat terobosan sebagai penulis naskah, drama ini dianggap sebagai tragedi pertama di Jerman.

Setelah perjalanan yang gagal ke Eropa karena Perang Tujuh Tahun, Lessing kembali ke Berlin pada 1758. Pada 1759 bukunya "Fables" dan tragedi "Philotas" diterbitkan. Pada saat yang sama, Lessing dan teman-temannya Friedrich Nicolai dan Moses Mendelssohn menerbitkan nomor pertama dari "Letters Concerning the Latest Literature". Di sini Lessing mengungkapkan kritiknya terhadap musik klasik Prancis dan dramanya dan menunjukkan pentingnya Shakespeare dalam drama Jerman.

Karena dia memiliki masalah keuangan, dia bekerja dari tahun 1760-1765 sebagai sekretaris komandan Wroclaw. Selama Lessing memulai komedi "Minna von Barnhelm", diselesaikan pada tahun 1766, yang masih dianggap sebagai komedi Jerman klasik hingga hari ini.

Selama berada di Breslau, Lessing   menulis "Laocoon: atau batas-batas lukisan dan puisi" di mana ia menulis tentang perbedaan antara puisi dan seni visual. Penyelidikan kritis ini melibatkannya dalam perselisihan terutama dengan filolog klasik Klotz dari "Surat-surat konten antik" muncul.

Dari 1765 hingga 1767 Lessing tinggal lagi di Berlin, Lessing pergi ke "Teater Nasional Jerman" yang baru didirikan di Hamburg atas undangan Johann Friedrich Lowen. Di sana Lessing menulis 104 karya "Hamburgische Dramaturgie", yang dengannya ia Membebaskan Teater Jerman dari dominasi drama Prancis dan aturannya yang kaku.

Setelah runtuhnya perusahaan teater pada akhir tahun 1768, Lessing menerima posisi sebagai pustakawan di Wolfenbuttel pada bulan April 1770.

Itu adalah waktu yang sering kali sepi dan tidak menyenangkan baginya, terganggu oleh perjalanan yang tidak produktif ke Italia pada tahun 1776, Lessing akhirnya memiliki uang untuk menikahi Eva Konig, yang telah bertunangan dengannya selama 5 tahun. Namun, 15 bulan kemudian, istrinya meninggal setelah melahirkan putra pertama mereka,   meninggal tak lama kemudian.

Pada tahun 1771, setelah melalui proses yang panjang, tragedi "Emilia Galotti" selesai, di mana Lessing berusaha untuk merealisasikan ciri-ciri utama teori dramanya. Tahun-tahun terakhir Lessing dihabiskan di Wolfenbuttel ditandai oleh perselisihan teologis dengan Goeze, kepala pendeta di Hamburg, setelah Lessing menerbitkan sebagian dari kritik alkitabiah murni intelektual dalam tulisannya "Zur Geschichte und Literatur".

Kelanjutan dari perselisihan, yang dilarang oleh sensor, mendorong Lessing untuk menulis puisi dramatis "Nathan the Wise" pada tahun 1779, di mana Lessing mempertahankan prinsip toleransi dan persaudaraan. Lessing meninggal di Braunschweig 15 Februari, 1781,.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x