Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Ayo Mencoba Kenyamanan Commuter Line Yogjakarta Solo

24 April 2021   14:53 Diperbarui: 24 April 2021   15:06 189 10 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayo Mencoba Kenyamanan Commuter Line Yogjakarta Solo
Dokpri||

Ayo Mencoba Kenyamanan KRL Yogyakarta-Solo

KRL Commuter Line Solo--Yogyakarta   adalah jaringan kereta komuter di Indonesia yang menghubungkan kota penting di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Kota Yogyakarta dan Solo [PP].

Bagimana rasanya pengalaman naik KRL Commuter Line Solo Yogjakarta yang sudah beroperasi sejak  10 Februari 2021 dengan tariff Rp 8.000. Jam Jadwal KRL Solo-Jogja  [PP] dengan operasional kereta mulai pukul 05:05 sampai dengan pukul 19:10. Tidak bisa hanya dibayangkan kenyamanan kereta api yang menghubungkan dua kota ikon Jawa ini atau lebih dikenal dengan nama "Joglo" [Jogja Solo]. Ingat tiap penumpang Kereta wajib menggunakan  Kartu Multi Trip (KMT) dari KAI Commuter atau menggunakan  kartu E-money Mandiri, Flazz BCA, Brizzi BRI, dan BNI Tap Cash.

Dokpri||
Dokpri||
Memang tidak jauh berbeda dengan KRL Commuter Line Jabodetabek, tetapi nuansa yang berbeda jika perjalanan ini dinikmati sebagai seni dalam merasakan, terutama melihat hamparan sawah selama perjalanan mulai dari Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok. Ada sawah luas dipandang mata, ada bukit indah, dan suasana alami dalam perjalanannya;

Waktu tempuk dari Jogja ke Solo dinakodai/ manisis bernama Daniel Cahya menurut jam saya hitung tempuh perjalanan   sekitar 65 menit, sedangkan dari Solo ke Jogja menggunakan waktu di jam saya 63 menit lebih cepat. 

Suasana kereta pada siang hari dan sore hari cukup semua penumpang memperoleh tempat duduk, dengan tetap menjaga protocol kesehatan mengindari Covid19.  

Ruangan kabin KRL Solo Yogjakarta [PP], menggunakan pendingin, bersih, dan system audio penerangan sangat Informative, untuk pemberitahuan perhentian di sebelas [11] Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan Solo Balapan {PP}. 

Demikian juga Stasiun Tugu Jogja dan Solo Balapan juga bersih, baik, dan memiliki petunjuk arah yang baik; ingat ketika dari Jogjakarta anda harus masuk lewat pintu KRL Commuter Jalan Pasar Kembang.

Dokpri||
Dokpri||
Akhirnya merupakan kebanggan hadirnya KRL Commuter Line Solo Yogjakarta yang menghubungkan dua kota kesultanan ini atau yang menghubungkan dua sumbu ekonomi antara pasar Bringharjo dan Maliboro sekitarnya dengan Pasar Klewer di Solo atau mengubungkan dua kota budaya antara Keraton Yogyakarta, Kasunanan Surakarta.  

Selamat mencoba dan selamat menikmati KRL Commuter Line Solo Yogjakarta selalu memberikan yang terbaik.  Semoga demikian, terima kasih.

VIDEO PILIHAN