Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Heidegger tentang "Teknologi"

30 Maret 2021   02:08 Diperbarui: 30 Maret 2021   02:15 172 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Heidegger tentang "Teknologi"
dokpri/2021

Heidegger  tentang "Teknologi"

Martin Heidegger bertanya tentang teknologi dan mengambil rerangka. Dan Rerangka  ini adalah  jalan melalui bahasa. Heidegger prihatin dengan esensi teknologi. Tapi ini sama sekali bukan sesuatu yang teknis. Menurut dokrin Yunani Kuno, esensi dari sesuatu adalah apa adanya.

Teknologi modern adalah alat untuk mencapai tujuan tertentu. Keinginan untuk menguasai menjadi semakin mendesak bagi Heidegger, semakin banyak teknologi yang mengancam untuk terlepas dari kendali manusia. Tetapi penentuan instrumental yang benar dari teknologi tidak menunjukkan esensinya. Untuk mendekati ini, kita harus mencari kebenaran melalui apa yang benar.

Kita harus bertanya: apa itu instrumental itu sendiri? Di manakah hal-hal seperti alat dan tujuan berada? Pertanyaan-pertanyaan ini membawa pada 4 penyebab. Teknologi apa, yang disajikan sebagai sarana, terungkap ketika kita mereduksi instrumen menjadi kausalitas empat kali lipat.

Menurut Heidegger, doktrin 4 penyebab kembali ke Aristoteles: (1. The causa materialis , bahan, substansi dari mana, misalnya, mangkuk perak dibuat; 2. causa formalis , bentuk, bentuk di mana bahan masuk; causa finalis , tujuan, misalnya layanan pengorbanan, melalui mana mangkuk yang dibutuhkan ditentukan menurut bentuk dan bahan; 4. causa efisien, yang mencapai efek, mangkuk nyata yang sudah jadi, pengrajin perak..

Karena pemikiran kuno tidak memiliki hubungan sebab akibat dengan bekerja dan berproduksi. Apa yang kita tahu sebagai penyebabnya disebut aition oleh orang Yunani,  yang harus disalahkan untuk orang lain. Pada 4 penyebabnya adalah 4 cara rasa bersalah yang dimiliki bersama.

Ke 4 cara rasa bersalah ini membiarkan sesuatu keluar ke masa kini; dalam pengertian penyebab seperti itu, kesalahan adalah penyebabnya. Platon berkata dalam simposium: "Setiap penyebab untuk apa pun yang lewat dari ketidakhadiran dan berlanjut ke kehadiran adalah "poiesis" sedang terjadi". Memproduksi membawa maju dari penyembunyian menjadi tidak terselubung, menurut Heidegger apa yang di sebut mengungkapkan. Baginya teknologi adalah cara mengungkapkan.

"Teknologi adalah cara mengungkapkan. Teknologi ada di area di mana wahyu dan ketidakteraturan, di mana aletheia dan di mana kebenaran terjadi."   Apakah ini hanya berlaku untuk pemikiran Yunani dan teknologi manual ? Teknologi mesin tenaga modern,   seperti hal yang meresahkan, menyebabkan kita bertanya tentang "the" technology. Teknologi modern  merupakan wahyu, lanjut Heidegger, justru itu yang menimbulkan tantangan bagi alam. (Udara diatur untuk melepaskan nitrogen, tanah menjadi bijih, bijih menjadi uranium, ini menjadi energi atom, dan seterusnya)

"Pengungkapan yang berlaku dalam teknologi modern memiliki karakter pengaturan dalam arti tantangan."  Jenis ketidaknyamanan khusus yang sekarang muncul melalui penempatan yang menantang, melalui apa cara ini, adalah inventaris. Dalam upaya untuk menunjukkan teknologi modern sebagai wahyu yang menantang, Heidegger menggunakan kata "menyediakan", "pesanan", "inventaris" dengan "cara yang mengganggu".

Dengan mengoperasikan teknologi, orang-orang berpartisipasi sebagai cara untuk mengungkapkan. Jika dia mengungkapkan yang tidak disembunyikan dengan cara ini, maka dia sendiri hanya sesuai dengan janji ketidakbahagiaan. Begitu modernnya teknologi sebagai pengungkap tatanan bukan hanya sekedar aktivitas manusia. Manusia ditantang untuk memesan yang nyata sebagai inventaris. Tantangan ini mengumpulkan manusia saling terhubung. Semacam metafora orang untuk memesan apa yang disembunyikan sebagai inventaris dalam rak.

Istilah ini tidak ada hubungannya dengan arti akrab dari bingkai kata,  tetapi bagi Heidegger ini tidak lagi menjadi masalah, Platon  melakukan hal yang sama. "Ge-stell adalah nama berkumpulnya posisi itu yang menyiratkan manusia, yaitu tantangan untuk mengungkap yang sebenarnya dalam cara memesan sebagai kelanjutan. Ge-stell adalah nama cara pengungkapan yang berlaku di dunia. Dan esensi dari teknologi modern dan itu sendiri bukanlah sesuatu yang teknis.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN