Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

George Berkeley: Dialog Ketiga Antara Hylas, dan Philonous [3]

23 Mei 2020   23:53 Diperbarui: 23 Mei 2020   23:46 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber semua tulisan_ George Berkeley : Dialog

George Berkeley: Dialog Ketiga Antara Hylas dan Philonous 

George Berkeley, (lahir 12 Maret 1685, dekat Kastil Dysert,   Irlandia  meninggal 14 Januari 1753, Oxford, Inggris), uskup Anglikan-Irlandia Anglikan, filsuf , dan ilmuwan yang terkenal karena filsafat empiris dan idealisnya, yang berpendapat realitas hanya terdiri dari pikiran dan ide-ide; semuanya kecuali yang spiritual ada hanya sejauh ini dirasakan oleh panca indra  

Three Dialogues Between Hylas and Philonous

George Berkeley

Filipina. Katakan, Hylas, apa hasil dari meditasi kemarin? Sudahkah hal itu membenarkan Anda dengan pikiran yang sama dengan saat berpisah? atau apakah Anda sejak itu terlihat mengubah opini Anda?

HYLAS. Sungguh pendapat saya adalah semua pendapat kita sama-sama sia-sia dan tidak pasti. Apa yang kami setujui hari ini, kami mengutuk besok. Kita terus mengaduk-aduk pengetahuan, dan menghabiskan hidup kita untuk mengejar itu, ketika, sayang sekali kita tidak tahu apa-apa selama ini: saya juga tidak berpikir mungkin bagi kita untuk mengetahui apa pun dalam kehidupan ini. Kemampuan kita terlalu sempit dan terlalu sedikit. Alam tentu saja tidak pernah bermaksud kita untuk spekulasi.

PHIL. Apa! Katakan kamu kita tidak tahu apa-apa, Hylas?

HYL. Tidak ada satu pun hal di dunia ini yang darinya kita dapat mengetahui sifat asli, atau apa itu sendiri.

PHIL. Maukah Anda memberi tahu saya saya tidak benar-benar tahu apa itu api atau air?

HYL. Anda mungkin memang tahu api tampak panas, dan air mengalir; tetapi ini tidak lebih dari mengetahui sensasi apa yang dihasilkan dalam pikiran Anda sendiri, setelah aplikasi api dan air ke organ-organ indera Anda. Konstitusi internal mereka, sifat sejati dan nyata mereka, Anda benar-benar dalam kegelapan untuk ITU.

PHIL. Apakah saya tidak tahu ini menjadi batu asli yang saya berdiri, dan apa yang saya lihat di depan mata saya menjadi pohon yang nyata?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun