Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Kantian

Guru Besar Tetap Pascasarjana Universitas Mercu Buana; Guru Besar Tidak Tetap FEB Universitas Trisakti; Guru Besar Tidak Tetap Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie; Guru Besar Tidak Tetap Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Pancasila; Waktu Lahir Pernah Meninggal Dunia Selama 6 Jam, kemudian Hidup Kembali saat akan dimakamkan, Sejak lahir diberikan bakat metafisik dan indera keenam atau [Indigo]

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Filsafat tentang "Vernunft dan Verstand"

15 Februari 2020   14:18 Diperbarui: 15 Februari 2020   14:22 57 3 0 Mohon Tunggu...
Filsafat tentang "Vernunft dan Verstand"
Dok. pribadi

Istilah atau tema ini dijelaskan oleh Immanuel Kant Karyanya "Critique of Pure Reason" menandai titik balik dalam sejarah filsafat dan awal filsafat modern. Sebagai seorang filsuf, Immanuel Kant selalu disebut "Critique of Pure Reason" dengan karya utamanya. Alasan, pemahaman, etika, dan pengetahuan adalah istilah yang umumnya dikaitkan dengan Immanuel Kant. Definisi pencerahannya yang tak tertandingi sangat terkenal dalam "Menjawab pertanyaan: Apa itu pencerahan?":

Pencerahan adalah jalan keluar manusia dari ketidakdewasaannya yang disebabkan oleh dirinya sendiri. Ketidakdewasaan adalah ketidakmampuan untuk menggunakan pikiran seseorang tanpa bimbingan orang lain. Ketidakdewasaan ini disebabkan oleh diri sendiri jika penyebabnya bukan karena kurangnya alasan, tetapi resolusi dan keberanian untuk menggunakannya tanpa bimbingan orang lain. Sapere aude! Milikilah keberanian untuk menggunakan pikiran Anda sendiri! adalah moto Pencerahan.

Bagi Kant, prasyarat untuk semua informasi adalah kebebasan untuk mendidik masyarakat melalui minoritas "pemikir mandiri". Immanuel Kant sangat yakin   pencerahan, yang dimulai dari beberapa, cepat atau lambat akan berdampak luas. Karena itu, optimismenya   adalah "Sapere aude!" atau  "Berani berpikir untuk dirimu sendiri."

Dalam beberapa kata ini kharisma Kant bergema, yang didengar muridnya Johann Gottfried Herder, yang mendengar ceramah dari Kant dari tahun 1762-1764, kemudian menulis   ia tahu bagaimana menyampaikan ceramahnya dengan semangat yang gemerlap, dengan keceriaan, kadang-kadang bahkan dengan antusiasme puitis. Dan dia bersorak dan dengan senang hati memaksanya untuk berpikir sendiri.

Ini bertentangan dengan gambaran umum yang digambarkan Kant sebagai orang yang kaku, teratur, profesor yang benar-benar fokus pada pekerjaannya.   Sebagai seorang pemuda, Kant menikmati berpartisipasi dalam masyarakat dan dianggap sebagai pria yang gagah dan berpakaian modis yang tahu bagaimana menghibur melalui kemampuan baca-tulisnya. Hanya ketika Kant berusia 40-an dan dia menyadari   harus melakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatan demi alasan kesehatan. Rutinitas rutin hariannya dimulai: Di pagi hari pada pukul 4:45 pagi, dia membiarkan pelayannya membangunkannya dengan kata-kata "Sudah waktunya" dan pergi tidur jam 10 malam. Dia biasanya mengundang teman untuk makan siang, bersosialisasi dan berjalan-jalan pada waktu yang sama setiap hari.

Dekade pertama jelas melelahkan bagi Immanuel Kant. Dia berasal dari keluarga miskin dan hanya menerima jabatan guru besar untuk logika dan metafisika di Universitas Konigsberg pada 1770, pada usia 46. Sampai saat itu, Immanuel Kant sering harus tetap bertahan sebagai tutor dan mengajar. Tetapi sebagai seorang master, dia membuktikan pengetahuannya yang luar biasa melalui berbagai kuliahnya. Dia membaca tentang logika, metafisika, filsafat moral, matematika dan fisika, dan kemudian juga antropologi dan teologi alam - dan dia memperkenalkan geografi sebagai subjek akademik.

Namun, ketika Immanuel Kant menerbitkan "Critique of Pure Reason" -nya pada tahun 1781 dan kemudian mengikuti karya-karya utamanya dengan interval pendek,   menetapkan standar baru dalam pemikiran dan keberadaan manusia, yang telah mempengaruhi generasi filsuf hingga hari ini dan masih menjadi perhatian besar hingga saat ini.

Immanuel Kant adalah satu dari sedikit filsuf Jerman yang telah menerima pengakuan besar atas pendekatan barunya yang mendalam selama masa hidupnya. Terlebih lagi, serangan kecil dari sensor Prusia Kant, terutama oleh Menteri Kebudayaan Wllner, yang, sebagai penerus Zedlitz dengan dekritnya 1794, menuduh Kant "merendahkan beberapa ajaran utama dan dasar tulisan suci dan agama Kristen" dan menginstruksikan Kant untuk menjadi lebih religius Untuk memuat tulisan-tulisan karena mereka menyebarluaskan ide-ide teistik dan Socinian yang tidak sesuai dengan Alkitab.

Kant terus mengajar sampai 1796, tetapi semakin pensiun untuk kehidupan pribadi.  Pada 12 Februari 1804, filsuf Pencerahan besar Immanuel Kant meninggal di kampung halamannya di Konigsberg. Namun, karya-karyanya mempengaruhi filsafat hingga hari ini.

Ke [1] "Vernunft" adalah Konsep akal, dalam penggunaannya yang modern, menunjukkan kemampuan mental manusia untuk pengetahuan yang ditentukan oleh pikiran. Berdasarkan terminologi yang digunakan oleh Christian Wolff , itu dibatasi dari pikiran, yang menangkap fakta melalui pengamatan dan pengalaman dan memberikannya fungsi membuka hubungan yang secara umum valid melalui kesimpulan , mengenali makna mereka dan menetapkan aturan dan prinsip. Sejauh ini menyangkut tindakan , penentuan nilai atau pertanyaan moralitas, orang berbicara tentang alasan praktis.

Di bawah konsep ini, kemampuan untuk menentukan kehendak sendiri ditambahkan ke kemampuan prinsip-prinsip. Penggunaan yang terkait dengan pengetahuan dan sains disebut alasan teoretis. Rasionalitas pada gilirannya adalah konsep "kewajaran", yang dapat berorientasi pada peningkatan efisiensi, baik dalam hal ekonomi sesuai dengan prinsip ekonomi dan dalam arti teori keadilan atau etika wacana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN