Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Puisi Merusak Jiwa Manusia dan Kota

28 Januari 2020   11:53 Diperbarui: 28 Januari 2020   12:03 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Puisi Merusak Jiwa Manusia dan Kota 

Puisi Merusak Jiwa dan Kota Ideal adalah pertikaian utama buku teks Republik, Socrates berusaha untuk memperjelas alasannya untuk melarang penyair di kota yang ideal.

Resolusi Socrates untuk melarang puisi mungkin dipandang sangat keras pada awalnya, terutama mengingat keprihatinan saat ini orang dengan sensor. Dengan analisis yang cermat dan pemahaman yang lebih baik tentang dialog, alasan Socrates untuk penilaiannya menjadi lebih jelas dan membantu dalam mendemonstrasikan efek negatif puisi terhadap kota ideal. 

Di Republik Platon, kemampuan Socrates untuk mempertahankan kontrol atas kota yang ideal ditegakkan oleh pembuangan puisi dan sangat penting untuk perlindungan dan kelangsungan hidup kota. Salah satu motif utama pelarangan puisi Sokrates dapat diamati dalam gagasannya adalah  jiwa telah rusak dan terdistorsi oleh penyair.

Socrates mengungkapkan  unsur terbaik jiwa adalah "yang menaruh kepercayaan pada pengukuran dan perhitungan" (Republik 603a). Pernyataan ini merujuk pada diskusi antara Socrates dan Glaucon tentang bagaimana sesuatu muncul versus bagaimana mereka sebenarnya didasarkan pada pengukuran dan perhitungan. 

Sebagai contoh, suatu objek dapat tampak besar karena berada dalam jarak dekat, tetapi ketika dilihat dari kejauhan itu dapat tampak sangat kecil (Republik 602c). Satu-satunya cara untuk mengetahui ukuran sebenarnya dari objek adalah dengan mengukurnya dan membuat perhitungan; tidak mungkin untuk menentukan ukuran secara akurat melalui imitasi. 

Karena itu, ketika Socrates mengklaim "orang yang menentangnya akan menjadi salah satu bagian inferior dalam diri kita" (Republik 603a) dia merujuk pada orang-orang yang menentang gagasan menggunakan perhitungan untuk menarik kesimpulan dan menjuluki mereka "inferior."

Dengan menerima imitasi atau seni meniru sebagai aktualitas, orang-orang dipindahkan semakin jauh dari kebenaran dan akibatnya diubah dari jiwa rasional menjadi jiwa irasional. Jiwa yang mudah dipengaruhi, selera, dan irasional mudah terombang-ambing oleh seni; ini sangat penting untuk dipahami untuk pemahaman yang lengkap dari ide Socrates. 

Puisi dan seni pada umumnya tidak diciptakan untuk tujuan hiburan semata, meskipun itu adalah kepercayaan populer. Menurut Socrates, seni menarik perasaan kita yang terdalam dan gairah terdalam, meskipun sebagian besar waktu kita bahkan tidak menyadari  kita sedang dipengaruhi oleh mereka.

Puisi menipu sebagian besar orang karena kita tidak percaya kita terpengaruh olehnya, dan tidak terdorong untuk merasakan apa yang dirasakan oleh karakter fiksi. Dalam kenyataannya, puisi memungkinkan kita untuk hidup secara perwakilan melalui karakter-karakter ini dan berperilaku dengan cara yang dianggap memalukan. 

Kami terlalu gembira dan sangat iri; kita berkabung secara berlebihan dan kita marah dengan amarah, namun kita tidak ingin berperilaku sedemikian memalukan dalam kehidupan nyata. Meskipun kami tidak ingin menampilkan perilaku menghiasi ini, kami hidup dengan mereka setiap hari apakah kita mengetahuinya atau tidak. Socrates menyatakan  "Kita menderita bersama sang pahlawan dan menganggap penderitaannya dengan serius. Dan kami memuji orang yang paling memengaruhi kami dengan cara ini sebagai penyair yang baik "(Republic 605d).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun