Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (D)
Prof. Dr. Apollo (D) Mohon Tunggu... ***

*

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu "Budaya Populer"

28 Januari 2020   13:09 Diperbarui: 28 Januari 2020   13:27 83 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu "Budaya Populer"
Dokumen Pribadi Mild

Tim Delaney dan Tim Madigan berkontribusi pada meningkatnya jumlah buku teks dalam sosiologi olahraga dengan nama mereka yang tepat The Sociology of Sports: An Introduction. Teks Delaney dan Madigan membahas semua topik yang diharapkan, termasuk sosialisasi, olahraga pemuda, penyimpangan, kekerasan, gender, ras dan etnis, ekonomi, politik, agama, dan media. 

Fitur khusus yang termasuk dalam setiap bab adalah bagian berjudul "Menghubungkan Olahraga dan Budaya Populer," "Ringkasan," "Syarat-Syarat Utama," dan "Pertanyaan Diskusi." Pertanyaan-pertanyaan diskusi bervariasi dalam kualitas  dengan beberapa meminta tanggapan yang memiliki tanggapan yang jelas dan benar. dan yang lain menyerahkannya kepada pembaca.

Mengenai menghubungkan olahraga dan budaya populer  fitur ini menyimpulkan setiap bab, tetapi penulis tampaknya tidak membedakan antara daging bab dan koneksi ke budaya populer. Atau lebih tepatnya, akan sangat membantu untuk membaca penjelasan ketika olahraga bukan budaya populer.

Tema dan istilah 'budaya populer' memiliki makna yang berbeda tergantung pada siapa yang mendefinisikannya dan konteks penggunaannya. Secara umum diakui sebagai bahasa sehari - hari atau budaya orang yang mendominasi dalam masyarakat pada suatu titik waktu. Seperti yang dijelaskan oleh Brummett dalam Dimensi Retorikal Budaya Populer , budaya pop melibatkan aspek-aspek kehidupan sosial yang paling aktif terlibat oleh publik. 

Sebagai 'budaya rakyat', budaya populer ditentukan oleh interaksi antara orang-orang dalam aktivitas sehari-hari mereka: gaya berpakaian, penggunaan bahasa gaul, ritual ucapan dan makanan yang dimakan orang adalah contoh dari budaya populer. Budaya populer  diinformasikan oleh media massa.

Ada sejumlah elemen yang disepakati secara umum yang terdiri dari budaya populer. Misalnya, budaya populer mencakup aspek paling langsung dan kontemporer dari kehidupan kita. Aspek-aspek ini sering mengalami perubahan yang cepat, terutama di dunia yang sangat berteknologi di mana orang semakin dekat dan dekat dengan media yang ada di mana-mana. 

Standar tertentu dan kepercayaan yang umum dipegang tercermin dalam budaya pop. Karena kesamaannya, budaya pop mencerminkan dan memengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat (misalnya Petracca dan Sorapure, Common Culture). Selain itu, merek dapat memperoleh status ikon pop (Nike swoosh atau lengkungan emas McDonald's). Namun, merek ikonik, sebagai aspek lain dari budaya populer, dapat naik dan turun.

Dengan mempertimbangkan aspek-aspek mendasar ini, budaya populer dapat didefinisikan sebagai produk dan bentuk ekspresi dan identitas yang sering dijumpai atau diterima secara luas, disukai atau disetujui secara umum, dan karakteristik masyarakat tertentu pada waktu tertentu. 

Ray Browne dalam esainya 'Folklore to Populore' menawarkan definisi yang serupa: "Budaya populer terdiri dari aspek sikap, perilaku, kepercayaan, kebiasaan, dan selera yang menentukan orang-orang dari masyarakat mana pun. Budaya populer adalah, dalam penggunaan istilah historis, budaya rakyat."

Budaya populer memungkinkan banyak orang yang heterogen untuk mengidentifikasi secara kolektif. Ini melayani peran inklusi dalam masyarakat karena menyatukan massa pada cita-cita bentuk perilaku yang dapat diterima. Seiring dengan menempa rasa identitas yang mengikat individu ke masyarakat yang lebih besar, mengkonsumsi barang budaya pop sering meningkatkan prestise individu dalam kelompok sebaya mereka. 

Lebih jauh, budaya populer, tidak seperti budaya rakyat atau tinggi, memberi individu kesempatan untuk mengubah sentimen dan norma perilaku yang berlaku, seperti yang akan kita lihat. Jadi budaya populer menarik bagi orang-orang karena memberikan peluang bagi kebahagiaan individu dan ikatan komunal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x