Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Seorang Kantian

Guru Besar Tetap Pascasarjana Universitas Mercu Buana; Guru Besar Tidak Tetap FEB Universitas Trisakti; Guru Besar Tidak Tetap Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie; Guru Besar Tidak Tetap Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Pancasila; Waktu Lahir Pernah Meninggal Dunia Selama 6 Jam, kemudian Hidup Kembali saat akan dimakamkan, Sejak lahir diberikan bakat metafisik dan indera keenam atau [Indigo]

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Manusia Unggul Pada Mental Pahlawan dan Psikoanalisis Carl Jung

20 Januari 2020   03:40 Diperbarui: 20 Januari 2020   03:49 42 1 1 Mohon Tunggu...
Manusia Unggul Pada Mental Pahlawan dan Psikoanalisis Carl Jung
ilustrasi pribadi

Carl Jung , secara penuh Carl Gustav Jung , (lahir 26 Juli 1875, Kesswil, Swiss meninggal 6 Juni 1961, Ksnacht), psikolog dan psikiater Swiss yang mendirikan psikologi analitik, dalam beberapa aspek merupakan respons terhadap psikoanalisis Sigmund Freud.ย 

Jung mengusulkan dan mengembangkan konsep-konsep kepribadian yang ekstrovert dan introvert, arketipe , dan ketidaksadaran kolektif. Karyanya telah berpengaruh dalam psikiatri dan dalam studi agama , sastra , dan bidangn Psikologi terkait.

Pencipta psikologi analitis, psikiater Swiss Carl Gustav Jung, mengusulkan agar kita dapat memahami narasi mistis perjalanan tentang awal yang baru, seperti Marco Polo, Ulysses, atau Hercules, sebagai ekspresi simbolis dari transformasi mental yang semua orang ditakdirkan untuk pergi dalam hidup. Jung menyebut proses ini sebagai perjalanan pahlawan, atau proses individualisasi.

Perjalanan sang pahlawan atau pahlawan wanita cenderung dimulai dengan panggilan atau kebutuhan untuk meninggalkan dunia biasa yang dikenal. Itu adalah panggilan yang akan mengungkapkan kehidupan dan potensi sejati pahlawan itu.

Dalam mitologi, pahlawan cenderung muncul di masa tidak stabil, seperti ketika norma sosial runtuh atau selama krisis politik atau agama. Sepanjang garis yang sama, dalam kehidupan pribadi kita, kita mungkin merasa terjebak dalam keadaan, stagnan dan mungkin cemas. Inilah saatnya hidup memaksa kita untuk melakukan perjalanan yang transformatif.

Perjalanan pahlawan adalah perjalanan simbolis; adalah mungkin untuk melakukannya tanpa bergerak secara fisik. Hidup mungkin membutuhkan perjalanan dengan memberikan Anda tawaran kerja atau beasiswa. Hidup dapat memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan ekonomi, pendidikan, atau sosial.

Perjalanan sang pahlawan secara mistik direpresentasikan sebagai pencarian. Untuk harta, tanah perjanjian, batu filsuf, cawan suci, pernikahan antara seorang pangeran dan seorang putri. Setiap orang memiliki cita-cita atau objek yang mereka cari. Namun, lebih sering daripada tidak, pelancong menemukan harta mengejutkan yang tidak pernah mereka bayangkan.

Terkadang, sebelum memulai perjalanan, pahlawan tersandung ke dalam beberapa situasi (mungkin melalui orang, buku, film). Situasi yang, sedikit demi sedikit, membantu mereka memilih tujuan akhir mereka. Bagi Jung, kebetulan ini adalah sinkronisitas. Dia menganggap mereka sebagai ekspresi dari hubungan yang ada antara dunia fisik dan dunia mental.

Perjalanan ini biasanya menghasilkan kelahiran baru yang kiasan. Kami sekarang memiliki keberanian dan kerendahan hati baru yang kami kembangkan dengan mengatasi rintangan di sepanjang jalan.ย 

Perjalanan pahlawan adalah suatu proses yang melibatkan perpindahan dari tahap-tahap kehidupan tertentu untuk dilahirkan kembali pada orang lain. Kita bisa memahami bergerak di antara tahap sebagai bergerak dari satu arketipe ke yang lainnya.

Arketipe atau tahapan perjalanan pahlawan; Arketipe adalah karakter dalam mitos yang melewati situasi manusia yang khas. Diperlukan pengalaman-pengalaman agar pahlawan melewati perjalanan mereka menuju pemenuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN