Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Wadian

Guru Besar Tetap Pascasarjana Universitas Mercu Buana; Guru Besar Tidak Tetap FEB Universitas Trisakti; Guru Besar Tidak Tetap Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie; Guru Besar Tidak Tetap Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Pancasila; Waktu Lahir Pernah Meninggal Dunia Selama 6 Jam, kemudian Hidup Kembali saat akan dimakamkan, Sejak lahir diberikan bakat metafisik dan indera keenam atau [Indigo]

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Herder: Episteme Sejarah Manusia [5]

15 Januari 2020   14:31 Diperbarui: 15 Januari 2020   14:31 5 0 0 Mohon Tunggu...
Herder: Episteme Sejarah Manusia [5]
Dok. pribadi

Johann Gottfried Herder pada buku Pertama bagian 5:  Bumi kita diselimuti kabut dan bertentangan dengan beberapa bintang surgawi

Kami tidak dapat menghirup udara murni, karena kami adalah organisasi seperti itu, sebuah lambang dari hampir semua organisasi di bumi, komponen pertama yang mungkin terlempar dari udara dan transisi dari yang tidak terlihat ke yang terlihat. Ketika bumi kita menjadi bumi, udara mungkin adalah gudang kekuatan dan substansi pembentukannya; dan dia belum? Seperti beberapa hal yang sebelumnya tidak diketahui telah ditemukan dalam beberapa tahun terakhir, yang semuanya bekerja di tengah-tengah udara. Materi listrik dan arus magnet, asam yang mudah terbakar dan udara, garam dingin, dan mungkin bagian cahaya yang hanya dirangsang oleh matahari: semua prinsip kuat dari efek alam di bumi; dan berapa banyak lagi yang akan ditemukan! Udara hamil dan larut; itu menyebalkan, membuat fermentasi dan merobohkan. Jadi dia tampaknya menjadi ibu dari makhluk-makhluk duniawi   dan   bumi itu sendiri, kendaraan umum dari hal-hal yang ia tarik ke pa ngkuannya dan diusir dari pangkuannya.

Tidak perlu untuk demonstrasi atmosfer mempengaruhi dan bekerja dalam penentuan terbaik dan paling spiritual dari semua makhluk duniawi; dengan dan di bawah matahari dia, seolah-olah, co-bupati bumi, karena dia pernah menjadi penciptanya. Betapa perbedaan umum akan terjadi jika udara kita memiliki elastisitas dan berat yang berbeda, kebersihan dan sesak yang berbeda, jika itu telah meletakkan air lain, bumi yang berbeda dan memiliki pengaruh berbeda pada pengaturan tubuh! Tentu saja ini terjadi pada planet lain yang telah terbentuk di wilayah lain di udara; karenanya setiap kesimpulan tentang zat dan fenomena bumi kita pada sifat-sifatnya sangat disayangkan. Pada Prometheus ini adalah pencipta; dia terbentuk dari tanah liat lunak yang tertunduk dan membawa begitu banyak percikan cahaya dan kekuatan spiritual dari atas saat dia bisa mendapatkan jarak ini dari matahari dan dalam massa yang secara khusus dan tidak sulit.

Keragaman manusia serta semua produk bumi harus bergantung pada keanekaragaman spesifik medium tempat kita hidup seperti dalam organ Ketuhanan. Di sini ini bukan hanya masalah membagi zona menjadi panas dan dingin, bukan hanya tentang ringan dan beratnya badan udara yang menindas, tetapi jauh lebih banyak tentang berbagai kekuatan spiritual efektif yang melaju di dalamnya, memang lambang yang dapat mencakup semua sifat dan fenomenanya account. Bagaimana arus listrik dan magnet mengalir di sekitar bumi kita; apa uap dan uap muncul di sini atau di sana; kemanapun mereka pergi; di mana mereka berubah; organisasi apa yang mereka lahirkan; berapa lama Anda mendapatkannya; bagaimana mereka membubarkan mereka: semua ini memberikan kesimpulan nyata tentang sifat dan sejarah semua jenis orang; karena manusia, seperti yang lainnya, adalah murid dari udara dan seorang saudara di seluruh lingkaran keberadaannya bagi semua organisasi di bumi.

Saya pikir kita sedang menuju dunia pengetahuan baru ketika pengamatan yang dilakukan oleh Boyle, Boerhaave, Hales, Gravesand, Franklin, Priestley, Black, Crawford, Wilson, Achard dan lainnya tentang panas dan dingin, listrik dan jenis udara dan entitas kimia lainnya. dan pengaruh mereka di bumi dan kerajaan tumbuhan, yang dibuat pada hewan dan manusia, akan dikumpulkan menjadi sistem alami.

Seiring waktu, pengamatan ini akan menjadi sangat banyak dan umum, seiring meningkatnya pengetahuan tentang beberapa garis tanah dan produk-produk bumi memungkinkan, sampai penelitian yang berkembang tentang alam, seolah-olah, membentuk akademi bebas yang tersebar luas, yang dengan perhatian tersebar, tetapi dengan semangat kebenaran, keamanan, kegunaan Dan indahnya pengaruh makhluk-makhluk ini di sana-sini, dalam hal ini dan itu, kita akhirnya akan mendapatkan aerologi geografis dan melihat rumah kaca alam yang luar biasa ini dalam ribuan perubahan menurut satu prinsip dasar. Ini akan menjelaskan pembentukan manusia dalam tubuh dan pikiran, karena lukisan yang sekarang kita hanya diberikan individu, tetapi kadang-kadang bayangan yang sangat jelas.

Tetapi bumi tidak sendirian di alam semesta; makhluk surgawi lainnya bertindak pada atmosfer mereka, pada wadah kekuatan yang besar ini. Matahari, gema api abadi, menstimulasi mereka dengan sinarnya; bulan, tubuh yang berat dan menindas ini, yang mungkin bahkan menggantung di atmosfernya, sekarang menindasnya dengan dingin dan gelapnya, sekarang dengan wajahnya yang dihangatkan oleh matahari. Terkadang dia di depan, kadang di belakangnya; sekarang lebih dekat ke matahari, sekarang lebih jauh. Badan langit Andre mendekatinya, mendorong orbitnya dan memodifikasi kekuatannya.

Seluruh sistem langit adalah perjuangan melawan yang sama atau berbeda, tetapi dengan kekuatan yang besar didorong bola terhadap satu sama lain; dan hanya satu gagasan hebat tentang kemahakuasaan yang menimbang peralatan ini satu sama lain dan mendukung mereka dalam perjuangan mereka. Pikiran manusia   telah menemukan seutas benang di labirin terluas dari pasukan yang berjuang dan hampir melakukan mukjizat, di mana bulan yang begitu tidak beraturan, didorong oleh dua unit percetakan yang berlawanan dan untungnya begitu dekat dengan kami, memberikannya promosi terbesar.

Apakah semua pernyataan ini dan hasilnya akan diterapkan pada perubahan di bidang udara kita, karena mereka sudah digunakan pada saat pasang naik dan turun; Jika bertahun-tahun ketekunan di berbagai tempat di bumi, dengan bantuan alat-alat halus, yang beberapa di antaranya telah ditemukan, akan terus memesan revolusi laut surgawi ini sesuai dengan waktu dan posisi dan membentuknya secara keseluruhan, maka, saya pikir, astrologi akan bertahan yang baru muncul dalam bentuk yang paling agung, paling berguna di antara ilmu pengetahuan kita, dan apa yang Toaldo lakukan, yang mana de Luc, Lambert, Tobias Mayer, Bckmann dan lainnya memberikan prinsip atau bantuan, mungkin (dan tentu saja dengan pemandangan geografi dan sejarah umat manusia) Gerbang lengkap.

Cukup, kita akan dan tumbuh, kita melambai dan berjuang di bawah atau di lautan sebagian kekuatan surgawi yang ilahi. Jika udara dan cuaca dapat melakukan begitu banyak hal tentang kita dan seluruh bumi, itu mungkin merupakan percikan listrik di sini, yang menghantam makhluk manusia lebih murni, ada bagian dari sumbu mudah terbakar yang terkonsentrasi lebih kuat di dalamnya, di sini massa beberapa Dingin dan ceria, ada cairan lembut, yang menenangkan, yang telah menentukan dan mengubah kita periode terbesar dan revolusi umat manusia. Hanya tatapan yang ada di mana adonan ini dibentuk menurut hukum kekal, hanya dialah yang, di dunia kekuatan fisik ini, menandai setiap titik elemen, setiap loncatan percikan dan eter menyorotkan tempatnya, waktunya, lingkup kegiatannya, untuk menentangnya dengan yang lain Campur dan melembutkan kekuatan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x