Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Wadian

Guru Besar Tetap Pascasarjana Universitas Mercu Buana; Guru Besar Tidak Tetap FEB Universitas Trisakti; Guru Besar Tidak Tetap Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie; Guru Besar Tidak Tetap Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Pancasila; Waktu Lahir Pernah Meninggal Dunia Selama 6 Jam, kemudian Hidup Kembali saat akan dimakamkan, Sejak lahir diberikan bakat metafisik dan indera keenam atau [Indigo]

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Tulisan [2] Filsafat Keterasingan Manusia [Alienasi]

4 Desember 2019   01:54 Diperbarui: 4 Desember 2019   01:58 0 3 0 Mohon Tunggu...
Tulisan [2] Filsafat Keterasingan Manusia [Alienasi]
Tulisan [2] Filsafat Keterasingan Manusia [Alienasi]

Pengaruh Hegel pada konten dan terminologi karya-karya Karl Marx dan Frederick Engels memang sangat mendalam sehingga pemahaman menyeluruh tentang karya-karya ini dapat dikatakan mengandaikan pemahaman tentang hubungan ini. Khususnya terminologi kaum Marxis menjadi dapat dipahami hanya ketika didekati melalui asal Hegelnya. 

Namun demikian, sangat mudah bagi mahasiswa filsafat dengan pengetahuan Hegel untuk mendapatkan dengan membaca dangkal tentang Marx kesan berlebihan dan salah pengaruh Hegel dominan. 

Mengesampingkan apa yang orisinal dalam teori, adalah bijaksana untuk mengingat ada sejumlah faktor lain yang berkontribusi dan sangat non-Hegel yang sangat penting. 

Meskipun tujuan dari penelitian ini untuk menyelidiki secara rinci hanya pengaruh Hegelian, beberapa penyebutan singkat dari yang lain ini tampaknya diperlukan untuk perkiraan yang lebih akurat dari yang menjadi perhatian utama kami.

Pertama-tama ada sejumlah peristiwa sejarah yang sangat memengaruhi ekonomi Marxis, dan teori materialisme historis yang lebih umum. Semua peristiwa ini bersifat revolusioner, dan mencakup hal-hal berikut yang sangat penting dalam hubungan ini: Revolusi persidangan Indus, Revolusi Prancis, Revolusi 1848, dan Komune Paris.

Pengaruh intelektual utama dapat didaftar sebagai berikut: (1) sosialis Utopis, termasuk orang Prancis, Santo Simon dan Fourier, dan orang Inggris, Robert Owen; (2) para ekonom sekolah Manchester, Adam Smith dan David Ricardo, bersama dengan para pendahulu mereka dan pengikut langsung mereka; (3) modifikasi filsafat Hegel sendiri, diwakili oleh Gerakan Kiri Hegelians Muda, di mana hubungan nama Feuerbach luar biasa.

Dari pengaruh historis pada perkembangan teori Marxis, dapat dikatakan secara umum periode di mana penulis hidup secara khusus menguntungkan - untuk kelahiran filsafat sosial revolusioner. Pada saat itulah semua revolusi besar pada periode modern awal sedang terjadi, atau baru-baru ini terjadi cukup untuk mengesankan diri mereka sendiri pada setiap studi ilmiah sosial yang cermat. 

Efek dari Revolusi Industri yang besar baru dirasakan dan dipahami dengan baik di benua Eropa, dan merupakan sumber yang bagus untuk penelitian dan generalisasi Marx mengenai konsentrasi modal, perpindahan pekerja dengan mesin dan pertumbuhan "tentara cadangan industri," "Meningkatnya kesengsaraan (relatif) kaum proletar, dan semangat revolusioner yang ditimbulkan karenanya, dan seluruh masalah pembuangan barang surplus, yang melibatkan perburuan gila untuk pasar-pasar kolonial dengan hasil yang tak terhindarkan dalam perang imperialistik di seluruh dunia.

Revolusi Perancis, meskipun bukan sejarah kuno yang kehilangan minat vitalnya, cukup jauh untuk mengakui interpretasi yang akurat berdasarkan perkembangan selanjutnya. Marx adalah orang pertama yang menguraikan teori (sejak menjadi pandangan yang diterima semua sejarawan yang diakui) Revolusi Perancis adalah revolusi borjuis yang khas, dua kelas yang berlawanan adalah kasta istimewa lama dan borjuis baru, yang telah lecet di bawah pengekangan. dikenakan pada bisnis oleh lembaga monarki usang. Kaum borjuis menang sepenuhnya, dan para pekerja yang melakukan perjuangan mereka untuk mereka menerima hadiah yang sangat meragukan untuk menjadi budak "bebas" yang diperbudak oleh kelas kapitalis. Dari peristiwa ini Marx dan Engels memperoleh banyak teori revolusi sosial mereka, serta estimasi mereka tentang demokrasi politik dari jenis borjuis, dipopulerkan oleh slogan terkenal, "Kebebasan, Kesetaraan, dan Persaudaraan." Dalam revolusi tahun 1848, Kaum Marxis dibuat sadar akan kekuatan dan keuletan perlawanan dari pihak kelas penguasa lama (dicontohkan dalam pendirian kuat Metternich), dan tentang karakter kebutuhan dan ekspresi proletariat yang revolusioner sebagaimana dimanifestasikan oleh partisipasi mereka dalam hal ini. bingung, tetapi pada dasarnya periode revolusioner kapitalistik. Dari revolusi proletar yang gagah, namun gagal, yang dikenal sebagai Komune Paris, Marx dan Engels memperoleh banyak teori tentang peran dan fungsi negara sebagai organ yang menindas yang dimiliki kelas dalam kekuasaan, dan akibatnya dari proletariat revolusioner.   

Marx bukan seorang sosialis ketika dia meninggalkan perguruan tinggi setelah menyelesaikan pekerjaannya untuk gelar doktor filsafat. Pendapatnya agaknya adalah pendapat kaum borjuis radikal. 

Namun, ia menjadi tertarik pada doktrin sosialis yang editorialnya dari Rhenische Zeitung mengungkapnya. Karena itu ia meninggalkan Jerman dan pergi ke Paris dengan tujuan yang jelas, tampaknya, membiasakan diri dengan teori-teori sosialis. Dia kemudian mempelajari sosialis Utopian dengan siapa Engels sudah akrab. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN