Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Wadian

Guru Besar Tetap Pascasarjana Universitas Mercu Buana; Guru Besar Tidak Tetap FEB Universitas Trisakti; Guru Besar Tidak Tetap Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie; Guru Besar Tidak Tetap Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Pancasila; Waktu Lahir Pernah Meninggal Dunia Selama 6 Jam, kemudian Hidup Kembali saat akan dimakamkan, Sejak lahir diberikan bakat metafisik dan indera keenam atau [Indigo]

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Perkembangan Umum Filsafat Barat [3]

17 November 2019   16:20 Diperbarui: 17 November 2019   16:26 48 0 0 Mohon Tunggu...
Perkembangan Umum Filsafat Barat [3]
3-prof-5dd0d9c3097f3651300764f2.png

Perkembangan Umum Filsafat Barat [3]

Sejarah Yunani Kuno dapat dibagi menjadi periode yang berbeda. Tiga periode utama yang akan kita bahas di sini adalah Periode Archaic, Periode Klasik, dan Periode Helenistik.  Selama Periode Archaic pemerintah Yunani mulai terbentuk dengan munculnya negara-kota seperti Athena dan Sparta. Ketika orang-orang Yunani mulai mengeksplorasi filsafat, seni, bangunan,  dan teater.

Salah satu aspek perjalanan pemikiran dan kesadaran umat manusia adalah karya seni dan artefak kebudayaan. Tulisan ini adalah kaitan dengan karya seni, bangunan, arsitektur dalam kaitan dengan filsafat seni, seni memahami, dan memadukan unsur-unsur dengan harmoni, keindahan, keabadian, keelokan yan bersifat melampaui sehingga membuat kekaguman luar bisa;

Mycenaean 1600-1100 SM; Dianggap sebagai orang Yunani pertama, Mycenaean memiliki pengaruh abadi pada seni, arsitektur, dan sastra Yunani kemudian. Peradaban zaman perunggu yang meluas melalui Yunani selatan modern serta wilayah pesisir Turki modern, Italia, dan Suriah, Mycenaea adalah masyarakat pejuang elit yang didominasi oleh negara-negara istana. 

Dibagi menjadi tiga kelas - pelayan raja, rakyat jelata, dan budak - masing-masing negara istana diperintah oleh seorang raja dengan otoritas militer, politik, dan agama. Masyarakat menghargai prajurit pahlawan dan memberikan persembahan kepada dewa-dewa. Dalam literatur Yunani kemudian, termasuk Homer's The Iliad dan The Odyssey, eksploitasi para prajurit dan dewa yang terlibat dalam Perang Troya telah menjadi legendaris dan, pada kenyataannya, diterima oleh orang-orang Yunani kemudian sebagai mitos pendiri mereka.

Pertanian dan perdagangan adalah mesin ekonomi yang mendorong ekspansi Mycenaean, dan kedua kegiatan itu ditingkatkan oleh jenius rekayasa Mycenaean, ketika mereka membangun pelabuhan, bendungan, saluran air, sistem drainase, jembatan, dan jaringan jalan yang luas yang tetap tak tertandingi hingga zaman Romawi. era. Arsitek inovatif, mereka mengembangkan batu Cyclopean, menggunakan batu-batu besar, cocok bersama tanpa mortar, untuk membuat benteng besar. 

Nama untuk batu Cyclopean berasal dari orang Yunani kemudian, yang percaya hanya Cyclops, raksasa bermata mitos dan legenda bermata satu, yang bisa mengangkat batu. Untuk meringankan beban berat di atas gerbang dan pintu, Mycenaean menemukan segitiga yang melegakan, ruang segitiga di atas ambang pintu yang dibiarkan terbuka atau diisi dengan bahan yang lebih ringan.

Bangsa Mycenaean pertama kali mengembangkan akropolis, benteng atau benteng, yang dibangun di atas bukit yang menjadi ciri kota-kota Yunani kemudian. Istana raja, yang berpusat pada megaron , atau ruang takhta melingkar dengan empat kolom, didekorasi dengan lukisan dinding kehidupan laut, pertempuran, prosesi, berburu, dan para dewa serta dewi yang berwarna cerah.

Para akhli masih memperdebatkan bagaimana peradaban Mycenaean menurun, dan teori termasuk invasi, konflik internal, dan bencana alam. Era ini diikuti oleh apa yang disebut Abad Kegelapan Yunani, meskipun dikenal sebagai Zaman Homer dan periode Geometrik. Istilah Homeric Age merujuk pada Homer yang puisinya menceritakan Perang Troya dan akibatnya. Istilah Geometris mengacu pada gaya lukisan vas era ini, yang terutama menggunakan motif dan pola geometris.

Yunani Kuna Periode 776-480 SM; Periode Archaic dimulai pada 776 SM dengan berdirinya Olimpiade. Orang Yunani percaya permainan atletik, yang menekankan pencapaian manusia, membedakannya dari "orang-orang barbar", yang bukan orang Yunani. Valorisasi orang Yunani terhadap era Mycenaean sebagai zaman keemasan heroik membuat mereka mengidealkan atlet pria, dan sosok pria menjadi subjek dominan seni Yunani. Orang Yunani merasa telanjang pria tidak hanya menunjukkan kesempurnaan dan keindahan tubuh tetapi karakter bangsawan.

Orang Yunani mengembangkan struktur politik dan sosial berdasarkan polis, atau negara-kota. Sementara Argus adalah pusat perdagangan terkemuka di bagian awal era, Sparta, negara kota yang menekankan kecakapan militer, tumbuh menjadi yang paling kuat. Athena menjadi kekuatan perintis dalam seni, budaya, ilmu pengetahuan, dan filsafat yang menjadi dasar peradaban Barat. Meskipun era ini didominasi oleh pemerintahan tiran, Solon, seorang raja filsuf, menjadi penguasa Athena sekitar 594 SM dan membentuk reformasi penting. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN