Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Tulisan ke 44 Kuliah Nobel Sastra 1977 Vincente Aleixandre

17 September 2019   00:44 Diperbarui: 17 September 2019   00:58 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulisan ke 44  Kuliah Nobel Sastra 1977  Vicente Aleixandre

Vicente Aleixandre, (lahir 26 April 1898, Sevilla, Spanyol   meninggal 14 Desember 1984, Madrid), penyair Spanyol, anggota Generasi 1927 , yang menerima Hadiah Nobel untuk Sastra pada tahun 1977. Ia sangat dipengaruhi oleh Teknik komposisi puisi surealis .

Aleixandre adalah putra seorang insinyur kereta api. Ia belajar hukum dan manajemen bisnis dan dari 1920 hingga 1922 mengajar hukum komersial . Dia menjadi sakit parah pada tahun 1925 dan selama masa pemulihan menulis puisi pertamanya. Dia tetap di Spanyol selama Perang Saudara Spanyol meskipun puisinya dilarang 1936-1944. Pada 1949 Aleixandre terpilih ke Akademi Kerajaan Spanyol.

Aleixandre dianggap sebagai master ayat bebas , gaya yang muncul dalam buku utama pertamanya, La destruccin o el amor (1935; "Destruction or Love"), yang dianugerahi Hadiah Nasional Sastra. Dalam karya ini, penyair mengeksplorasi tema identifikasi manusia dengan kosmos fisik. Tema serupa muncul di Sombra del paraso (1944; "Shadow of Paradise"). Penekanan lebih besar pada kehidupan manusia ditemukan di Historia del corazn (1954; "History of the Heart") dan En un vasto dominio (1962; "In a Vast Domain"), karya-karya yang berhubungan dengan waktu, kematian, dan solidaritas manusia.

Puisi Aleixandre belakangan bersifat metafisik ; dia mengeksplorasi kematian, pengetahuan, dan pengalaman dalam Poemas de la consumacin (1968; "Poems of Consummation ") dan Dilogos del conocimiento (1974; "Dialogues of Insight"). Selain menulis puisi orisinalitas dan kedalaman, Aleixandre juga menerbitkan karya prosa Los encuentros (1958; "The Meetings"), sebuah buku sketsa yang disukai rekan-rekan penulisnya.

Kuliah Nobel Vicente Aleixandre 

Tanggal 12 Desember 1977 

Pada saat seperti ini, sangat penting dalam kehidupan seorang sastrawan, saya ingin mengungkapkan dengan kata-kata yang paling fasih atas perintah saya emosi yang dirasakan seorang manusia dan rasa terima kasih yang dia alami dalam menghadapi suatu peristiwa seperti apa yang sedang terjadi hari ini. Saya lahir di keluarga kelas menengah, tetapi saya mendapat manfaat dari pandangannya yang terbuka dan liberal. Semangat gelisah saya membuat saya mempraktikkan profesi yang kontradiktif. Saya adalah seorang guru hukum perdagangan, seorang karyawan di perusahaan kereta api, seorang jurnalis keuangan. Sejak awal masa muda, kegelisahan yang saya bicarakan ini mengangkat saya pada satu kesenangan tertentu: membaca dan, pada waktunya, menulis. Pada usia 18 tahun, penyair prentice mulai menulis syair-syair pertamanya, dibuat secara rahasia di tengah-tengah kekacauan kehidupan yang, karena belum menemukan porosnya yang sebenarnya, saya bisa menyebutnya petualang. Nasib hidup saya, arahnya, ditentukan oleh kelemahan tubuh. Saya menjadi sakit parah karena keluhan kronis. Saya harus meninggalkan semua kekhawatiran saya yang lain, yang mungkin saya sebut kopral, dan untuk mundur ke pedesaan jauh dari kegiatan saya sebelumnya. Kekosongan yang tercipta segera diserbu oleh aktivitas lain yang tidak membutuhkan tenaga fisik dan dapat dengan mudah digabungkan dengan yang telah diperintahkan oleh dokter kepada saya. Invasi yang tak terlupakan dan tak terkalahkan ini adalah praktik menulis surat; puisi mengisi hingga penuh kesenjangan dalam aktivitas. Saya mulai menulis dengan dedikasi penuh dan saat itulah, baru saat itulah saya menjadi dirasuki oleh gairah yang tidak pernah meninggalkan saya.

Jam kesendirian, jam penciptaan, jam meditasi. Kesunyian dan meditasi memberi saya kesadaran, sebuah perspektif yang tidak pernah hilang: yaitu solidaritas dengan umat manusia. Sejak saat itu saya selalu menyatakan  puisi adalah komunikasi, dalam arti yang tepat dari kata itu.

Puisi adalah serangkaian pertanyaan yang terus diajukan penyair. Setiap puisi, setiap buku adalah permintaan, ajakan, interogasi, dan jawabannya diam-diam, tersirat, tetapi  berkesinambungan, dan pembaca memberikannya sendiri melalui bacaannya. Ini adalah dialog yang sangat indah di mana pertanyaan penyair dan pembaca diam-diam memberikan jawaban penuhnya.

Saya berharap dapat menemukan kata-kata yang pas untuk menggambarkan apa arti Hadiah Nobel bagi penyair. Itu tidak bisa dilakukan; Saya hanya dapat meyakinkan Anda  saya bersama Anda dengan tubuh dan jiwa, dan  Hadiah Nobel adalah responsnya, bukan bertahap, tidak diam-diam, tetapi dikumpulkan dan secara bersamaan, tiba-tiba, dari suara umum yang dengan murah hati dan ajaib menjadi satu dan itu sendiri menjawab pertanyaan tak henti-hentinya yang telah ditujukan kepada umat manusia. Karena itu, rasa terima kasih saya atas simbol suara yang dikumpulkan dan serentak ini yang memungkinkan Akademi Swedia untuk mendengarkan saya dengan indra jiwa yang di sini saya secara terbuka mengucapkan terima kasih yang penuh pengabdian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun