Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Siapa Saya

25 Agustus 2019   11:44 Diperbarui: 25 Agustus 2019   12:04 326
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa saya 

Pada kajian filsafat, 'identitas pribadi' biasanya merujuk pada sifat-sifat tertentu yang membuat seseorang merasakan keterikatan atau kepemilikan. Identitas pribadi seseorang dalam pengertian ini terdiri dari fitur-fitur yang ia ambil untuk "mendefinisikannya sebagai pribadi" atau "menjadikannya orang seperti dirinya". (Arti yang tepat dari frasa-frasa ini sulit dijabarkan.) 

Mungkin, misalnya, menjadi seorang filsuf dan musik pengasih adalah milik identitas saya, sedangkan menjadi seorang pria dan tinggal di Yorkshire tidak. Orang lain dapat memiliki empat sifat yang sama tetapi merasa berbeda terhadap mereka, sehingga menjadi seorang pria dan tinggal di Yorkshire milik identitasnya tetapi tidak menjadi seorang filsuf atau musik yang penuh kasih. 

Mungkin juga sebuah properti menjadi milik identitas seseorang tanpa dia benar-benar memilikinya: jika saya menjadi yakin    saya Napoleon, menjadi seorang kaisar bisa menjadi salah satu properti yang menjadi pusat cara saya mendefinisikan diri saya sendiri, dan dengan demikian elemen dari identitas saya, meskipun kepercayaan saya salah. 

Identitas pribadi seseorang dalam pengertian ini bersifat kontingen dan dapat diubah: sifat-sifat yang berbeda dapat menjadi milik cara seseorang mendefinisikan diri sebagai pribadi, dan sifat-sifat apa yang dapat berubah dari waktu ke waktu. 

Ini berbeda dengan identitas etnis atau nasional, yang secara kasar terdiri dari kelompok etnis atau bangsa yang menjadi milik seseorang dan pentingnya seseorang melekat pada hal ini.   

Kepribadian. Untuk apa menjadi seseorang? Apa yang perlu, dan apa yang mencukupi, untuk sesuatu yang diperhitungkan sebagai pribadi, sebagai lawan dari bukan orang? 

Apa yang orang dapatkan yang bukan dimiliki orang lain? Lebih khusus lagi, kita dapat bertanya pada titik mana dalam perkembangan seseorang dari sel telur yang telah dibuahi menjadi seseorang, atau apa yang diperlukan untuk simpanse atau Mars atau komputer elektronik untuk menjadi manusia, jika mereka bisa. 

Akun ideal kepribadian adalah definisi dari kata person , dengan mengambil bentuk 'Seharusnya, x adalah seseorang pada waktu t jika dan hanya jika ... x ... t ...', dengan kekosongan diisi dengan tepat. 

Jawaban paling umum adalah    menjadi seseorang pada suatu waktu berarti memiliki sifat mental khusus tertentu. Yang lain mengusulkan hubungan yang kurang langsung antara kepribadian dan sifat mental,  

Kegigihan. Apa yang diperlukan seseorang untuk bertahan dari waktu ke waktu untuk terus eksis daripada tidak ada? Petualangan macam apa yang mungkin, dalam arti luas dari kata 'mungkin', bagi Anda untuk bertahan hidup, dan peristiwa macam apa yang perlu mengakhiri keberadaan Anda? Apa yang menentukan Anda di masa lalu atau masa depan? Misalkan Anda menunjuk seorang anak di foto kelas lama dan berkata, "Itu saya." 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun