Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) (Akademisi)

Guru Besar Tetap FEB Universitas Mercu Buana; Guru Besar Tidak Tetap FEB Universitas Trisakti; Guru Besar Tidak Tetap Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie; Guru Besar Tidak Tetap Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Pancasila

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Locke: Some Thought Concerning Education [3]

10 Oktober 2018   22:15 Diperbarui: 10 Oktober 2018   22:16 422 1 0
Locke: Some Thought Concerning Education [3]
Locke: "Some Thoughts Concerning Education" (3):

Locke: "Some Thoughts Concerning Education(3):

Buku dengan judul: ["Some Thoughts Concerning Education"] atau "Beberapa Pikiran Mengenai Pendidikan" diterbitkan dalam tahun 1693 oleh filsuf Inggris bernama John Locke. Buku ini dengan mudah di download di google berbentuk pdf full text. John Locke, The Works of John Locke, vol. 8 (Some Thoughts Concerning Education, Posthumous Works, Familiar Letters) [1690]. Buku ini adalah nasehat bagi pendidik, orang tua, dan lembaga pendidikan di Indonesia masih relevan untuk dibatinkan kesesuaian dengan pemikiran Locke. Karena itu menjadi penting menjadi anak-anak atau pendidikan yang memiliki jiwa yang tegak dan utuh dan hanya berdiri pada unsur kebaikan, terbaik dari dirinya sendiri.

Locke: "Some Thoughts Concerning Education" pada tulisan ke tiga (3): membahas tentang "Pendahuluan, dan Kesehatan Tubuh". Locke memulai "Beberapa Pemikiran" dengan beberapa kata tentang pentingnya pendidikan. Misalnya ada sembilan puluh pria yang kita temui, katanya, ada yang baik, buruk, di antara keduanya karena pendidikan mereka. Pendidikan adalah apa yang benar-benar menentukan karakter seorang pria/ manusia. Meskipun setiap pikiran lahir dengan kecenderungan tertentu (beberapa malas, sebagian rajin, sebagian pemalu, beberapa pemberani, dan sebagainya, pikiran seorang anak mudah dibentuk, dan pendidikan dapat membentuknya secara signifikan.

Mengingat kekuatan pendidikan, katanya, tujuan pendidikan seharusnya tidak semudah pembentukan intelek; bukan tujuan pendidikan harus menjadi pembentukan seluruh manusia. {"Pendidikan harus fokus pada menghasilkan tubuh yang sehat dan pikiran yang sehat"}. Seperti di buku ini, komponen pikiran yang sehat mencakup kebajikan, pembiakan, kebijaksanaan, dan pembelajaran (kira-kira dalam urutan kepentingannya). Namun, sebelum kembali ke pikiran, Locke menghabiskan beberapa halaman untuk menasihati para orang tua tentang cara memperkuat kesehatan fisik anak mereka.

Kekuatan tubuh, menurut Locke, terutama melibatkan kemampuan untuk menanggung kesulitan. Untuk mencapai tingkat daya tahan yang tinggi, Locke yakin hal terbaik yang harus dilakukan orang tua adalah mengekspos anak ke semua kondisi yang berpotensi membahayakan dirinya di masa depan. Setelah tubuh menjadi terbiasa dengan kondisi ini, alasan Locke, mereka tidak akan lagi menjadi ancaman bagi anak. Hal terburuk yang dapat dilakukan orang tua, dalam pandangan ini, adalah memanjakan anak. Tubuh anak kemudian akan tidak terbiasa dengan kondisi yang keras, dan pada saat mereka terpapar dengan kondisi seperti itu (yang, pada akhirnya, mereka akan berada pada titik tertentu) mereka akan jatuh sakit, stress dan frustasi.

Saran khusus pertama yang dibuat Locke adalah tidak mendandani anak-anak terlalu hangat. Jika mereka terkena kedinginan, Locke beralasan, mereka akan terbiasa dengannya, dan itu tidak akan membahayakan mereka. Perhatikan {"wajahnya"}, anak pasti memberitahu kita. Kita tidak pernah menutupi {"wajah"} kita di udara dingin, dan karenanya, wajah kita adalah satu-satunya bagian dari tubuh kita yang benar-benar dapat bertahan dari kondisi yang keras. Jika kita memaparkan semua bagian tubuh kita ke elemen-elemen itu, semuanya akan tahan lama seperti wajah.

Dalam nada yang sama, Locke menyarankan untuk {"mencuci kaki anak dengan air dingin setiap malam"}. Jika anak menjadi terbiasa dengan kaki yang basah dan dingin, kemudian, ketika anak terperangkap dalam hujan badai, atau berjalan melalui genangan air, atau sejumlah kemungkinan lain, kecelakaan basah menimpanya, anak  tidak akan jatuh sakit. Seorang anak   harus dijaga di luar melalui semua cuaca, panas, hujan, salju, hujan es, dan seterusnya. Akhirnya, seorang anak harus tidur di {"tempat tidur keras"} sehingga dia akan terbiasa dengan semua kondisi tidur dan tidak merasa sulit untuk tidur di luar kamarnya sendiri. rumah. Tempat tidur yang keras, menurut Locke, menghasilkan tubuh yang lebih hangat.

Locke memiliki beberapa peringatan lain, yang tidak cukup unik pada pola mendidik anak bangsa. Dia sangat menyarankan agar  tidak mengenakan {"pakaian dalam anak-anak,  pakaian yang terbatas atau ketat}, misalnya, karena itu akan mengkonstriksi dan memanipulasi pertumbuhan tulang mereka. Locke  sangat peduli tentang diet anak. Makanan yang dimakan anak-anak, pikirnya, harus sejelas mungkin. Mereka harus memiliki sedikit atau tidak ada daging, dan banyak roti. Buah-buahan harus dijaga seminimum mungkin, dan minuman tidak terlalu dingin. Sebenarnya, Locke berpikir bahwa diet yang ideal untuk semua manusia, tetapi ke Lomenekankan bahwa itu paling penting pada anak-anak karena mereka sedang dalam proses pengembangan. Akhirnya, Locke  menyarankan agar semua anak belajar berenang sehingga mereka tidak bisa tenggelam. Penggunaan obat itu hanya diberikan ketika seorang anak benar-benar sakit, dan bukan untuk tindakan pencegahan.

bersambung