Mohon tunggu...
Bakhtiar Mustari
Bakhtiar Mustari Mohon Tunggu... Saya adalah dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar, sejak tahun 1988 sampai sekarang.

Lahir tanggal 3 maret 1959 di Makassar Menikah dan punya anak 6 orang

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pelatihan Pemasaran Melalui Digital Marketing

16 September 2020   21:47 Diperbarui: 16 September 2020   21:53 7 0 0 Mohon Tunggu...

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat  Universitas Hasanuddin yang diketuai oleh Drs. Bakhtiar Mustari., M. Si. telah mengadakan pelatihan "Peningkatan Kemampuan Pemasaran Melalui Digital Marketing Berbasis Android Kepada Pelaku UMKM Tenun Sutera"  di Sengkang Kabupaten Wajo pada tanggal 12 September 2020 lalu. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Hasanuddin, Program Kemitraan Masyarakat (PPMU-PKM) tahun 2020.

Pelatihan yang diikuti oleh 10 orang peserta yang merupakan pengusaha tenun sutera dari UKM persuteraan di kabupaten Wajo. Pelatihan ini dilaksanakan di luar jaringan (luring) dengan tetap menggunakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan menjaga jarak, pakai masker dan mencuci tangan. 

Pelatihan yang beranggotakan Dr. M. Jibril Tajibu, Drs. A. Baso Siswadarma dan Dr. Mansyur Radjab ini bertujuan membantu meningkatkan kapasitas kemampuan pelaku UKM persutraan dalam melakukan pemasaran di media digital. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang sudah mencapai  tahapan ke empat ini.

Salah satu hambatan yang merupakan penghalang berkembangnya UKM persutraan ialah adanya keterbatasan pasar yang sekarang hanya menjangkau pasar lokal. Sementara pasar domestik dan internasional belum sepenuhnya dapat dijangkau oleh pelaku UKM persutraan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini terlaksana atas kerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Unhas dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Wajo, dan melibatkan tenaga pendamping UKM serta dibantu oleh dua orang mahasiswa. Pelatihan ini juga menghadirkan narasumber akademisi pemasaran Dr. Kasnaeny Karim, praktisi online marketing Aisyah Humairah dan Sempurnawati.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Ir. H. Ambo Mai, M.Si dalam sambutannya menyampaikan rasa senangnya karena Unhas memilih kabupaten Wajo sebagai lokasi pengabdian, serta menyampaikan terima kasihnya karena tim Unhas telah membantu secara langsung kegiatan ekonomi kecil di masa pandemi COVID-19. Para peserta juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih karena memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dapat meningkatkan kapasitas usaha mereka.

Di akhir acara pelatihan para peserta berhasil memasang konten iklan di marketplace dalam dan luar negeri.

VIDEO PILIHAN