Mohon tunggu...
Al Bakhri Fajar Nur Fadillah
Al Bakhri Fajar Nur Fadillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Al Bakhri Fajar Nur Fadillah, mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 Program Studi Bisnis Digital di Universitas AMIKOM Purwokerto

Selanjutnya

Tutup

Money

Seputar Wirausaha di Era 4.0

15 Mei 2021   13:45 Diperbarui: 15 Mei 2021   13:50 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wirausahawan merupakan seseorang yang melakukan serangkaian kegiatan usaha untuk mengambil keuntungan maupun menjalani hobinya. Dalam praktiknya usaha dapat menumbuhkan sifat kepemimpinan dan tanggung jawab, karena kita harus bisa mengarahkan kemana usaha kita akan berjalan dan menghindari dari yang namanya kebangkrutan. 

Bicara tentang kebangkrutan, sebagai seorang wirausahawan harus siap, karena kita tidak akan tahu bagaimana usaha kita ke depannya. Jiwa wirausaha sebenarnya tidak harus keturunan dari orang tua kita, namun hal itu bisa terjadi asalkan kita kreatif dan selalu mencoba hal yang ingin kita lakukan.

Wirausaha saat ini sangat banyak berkembang. Usaha-usaha seperti jasa laundry, warung, agen penjual barang, dan lain-lain banyak ditemukan. 

Pada saat ini saya belum mempunyai usaha, namun di keluarga saya ada yang melakukan usaha sampingan dengan membuka warung mie ayam dan juga jajanan ringan. Usaha seperti ini bisa digolongkan termasuk usaha dengan skala kecil, karena cakupan pelanggan dan modal yang masih terbilang minim.

Teknologi yang berkembang saat ini sangat membantu dalam kegiatan usaha yang dijalankan. Awal-awal sebelum adanya teknologi, mungkin dalam memasarkan atau menjual produk kita harus membuat brosur dan membagikannya kepada masyarakat. Contohnya saat kita mempunyai usaha produk makanan dan produk kita ingin dikenal masyarakat luas, brosur tersebut harus kita bagikan secara manual dengan terjun langsung ke lingkungan.

Perkembangan teknologi yang sudah memasuki era 4.0. Pada era ini segala transaksi jual beli sangat mudah dilakukan. Kehadiran e-commerce juga turut membantu sistem usaha yang ada. 

Toko-toko yang sebelumnya hanya ada di pasar offline, kini juga hadir di pasar online, dengan begitu customer yang lokasinya jauh dari toko dapat dengan mudah membeli produknya dengan sistem online. 

Sosial media juga berperan aktif dalam siklus perkembangan usaha. Ini terbukti, karena promosi dari produk yang dijual akan selalu hadir di setiap sosial media.

Al Bakhri Fajar Nur Fadillah | Universitas AMIKOM Purwokerto

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun